Husairi Abdi

PKK Banjarbaru Dapat Bantuan APAR dan Masker Dari TP PKK Kalsel

0

MENGAWALI rangkaian kegiatan Keluarga Sehat dan Tangguh Bencana yang berlangsung pada 4-5 Agustus 2021, Penjabat Ketua TP PKK Kalsel, Safriati Safrizal, menyerahkan lima Alat Pemadam Api Ringan (APAR) pada PKK Banjarbaru.

SELAIN APAR, PKK Banjarbaru juga menerima bantuan 1.000 masker tiga lapis untuk di distribusikan di titik-titik lokasi yang rawan penyebaran Covid-19 atau belum melaksanakan protokol kesehatan dengan baik.

Dalam kesempatan ini, Safriati turut menyerahkan paket sembako kepada lansia disabilitas serta masyarakat yang terdampak Covid-19 di Banjarbaru.

Ketua TP PKK Banjarbaru, Vivi Zubedi, serta Ketua Dasa Wisma Anggrek V Kelurahan Cempaka menerima bantuan tersebut di Sekretariat PKK Banjarbaru (4/8/2021).

BACA: Kebakaran Ponpes Al Falah Putra, Puluhan Ruangan Hangus Dilalap Api

Safriati Safrizal, dalam kapasitasnya sebagai Ketua Pokja IV TP PKK Pusat, menerangkan bahwa PKK Pusat menerima bantuan 100 APAR dari pihak sponsor. Sebanyak 30 di antaranya disalurkan ke Provinsi Kalsel, dengan prioritas kota/kabupaten yang rawan bencana kebakaran.

Menurutnya, lewat data yang diperoleh, di wilayah Kalsel ini Banjarbaru merupakan daerah kedua tertinggi bencana kebakaran setelah Banjarmasin.

Nana, sapaan akrabnya, mengatakan, bencana kebakaran sering kali berasal dari peralatan memasak di dapur. Kebanyakan masyarakat belum mengetahui bagaimana cara penanganan dalam situasi darurat.

“Di sini (Banjarbaru) kebakaran lumayan sering terjadi. Karena itu kita membagikan alat pemadam api ringan. APAR bisa kita manfaatkan untuk mengedukasi masyarakat melalui simulasi,” jelasnya.

BACA JUGA: Dibantu BNPB, Pemkot Banjarbaru Terima Satu Unit Trailer Dapur Umum

Di hadapan anggota TP PKK Banjarbaru, Ketua Pokja IV TP PKK Pusat ini pun mempraktekkan langkah penanganan kebakaran menggunakan alat peraga sederhana. Berbekal kain lap yang sudah dibasahi, ia menunjukkan gerakan yang aman untuk memadamkan api dari kompor.

“Saya yakin kalau kita edukasi hal kecil ini, ada banyak nyawa yang bisa kita selamatkan,” harapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Banjarbaru, sangat mengapresiasi bantuan dari PKK Kalsel.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Ibu Safriati Safrizal yang telah menyalurkan sejumlah bantuan, yang saya yakin bermanfaat dan insyaallah jadi penyemangat bagi masyarakat,” kata Vivi Zubedi.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.