Ikut Ajang Fesyar KTI 2021, Koperasi BWI Raih Juara I Pemberdayaan Zakat Produktif

0

KOPERASI Baitulmaal Wakaf Indonesia (BWI) berhasil meraih juara I lembaga zakat, infak, sedekah dan wakaf (Ziswaf) unggulan untuk kategori pemberdayaan zakat produktif dalam ajang Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Regional Kawasan Timur Indonesia 2021, yang digelar Bank Indonesia (BI) di Gorontalo.

PENGHARGAAN ini diberikan usai kegiatan webinar nasional Model Pemberdayaan Ekonomi Produktif melalui Optimalisasi Dana Ziswaf yang digelar belum lama tadi.

Ketua Koperasi BWI Tabalong, Zulrifan Noor, mengatakan terpilihnya koperasi BWI menjadi lembaga ziswaf unggulan terbaik karena telah berhasil dalam program pemberdayaan ekonomi yang mengubah mustahik menjadi muzakki.

“Terima kasih kepada seluruh donatur dan mitra, mustahik, semua tim Koperasi BWI serta BI Kalsel atas kepercayaan,dukungan dan kerja samanya sehingga capaian ini kita raih,” ujarnya kepada wartawan, Senin (2/8/2021).

BACA JUGA: Usai Berkurban, Koperasi BWI Latih Anggota Produksi Abon dan Bakso Sapi

Dia berharap, penghargaan ini kian meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Koperasi BWI. Selain itu, dapat memotivasi pihaknya untuk mendayagunakan zakat lebih inovatif, lebih solutif dan lebih produktif.

Zul mengatakan dalam ajang yang diikuti 18 provinsi di Kawasan Timur Indonesia, ada tiga nominasi lembaga ziswaf unggulan yakni Koperasi BWI mewakili Kalimantan Selatan, Baznas Kota Bontang Kaltim dan Yayasan Dompet Sosial Madani Bali.

BACA JUGA: Bantu Pulihkan Ekonomi Daerah, BWI Tabalong Dampingi Usaha Masyarakat

Selanjutnya, tiga nominasi tersebut diuji di hadapan dewan juri yang berasal dari BI, Kementerian Agama (Kemenag) RI, dan akademisi dari IPB Bogor seputar program pemberdayaan dan dampak keberhasilanya dalam mentransformasi mustahik menjadi muzakki.

Model pemberdayaan zakat produktif Koperasi BWI ini sendiri juga harus dipaparkan di hadapan peserta webinar yang terdiri dari mahasiswa, akademisi, praktisi, dan perwakilan BI dalam webinar model Pemberdayaan Ekonomi Produktif melalui Optimalisasi Dana Ziswaf yang juga menghadirkan narasumber Bobby P Manulang (Ketua Forum Wakaf Produktif), Iqbal Firdausi (Wakil Ketua BWI Kalimantan Selatan) dan Ahmad Rafi’ie (Wakil Ketua Baznas Provinsi Kalsel). (jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.