Pakai Jukung, MiLAnnials Gen Berbagi Daging Kurban di Kawasan Wisata Sungai Duyung

0

MiLAnnials Gen, sebuah komunitas kampus memilih untuk membagikan paket daging kurban pada momen Idul Adha 1442 H dengan cara unik. Mereka menyasar para pengguna jukung atau perahu tradisional khas Kalimantan.

ANGGOTA MiLAnnials Gen memilih kawasan destinasi wisata Sungai Duyung sebagai lokasi untuk mendistribusikan 43 paket daging kurban. Paket diberikan kepada warga yang tengah beraktivitas dengan jukung di atas sungai, tanpa turun ke daratan.

Menurut Devin Ilham, inisiatif untuk menyalurkan paket daging kurban dengan sepeda air ini datang dari MiLAnnials Gen sendiri. Mereka membuat kegiatan yang berkesan sekaligus memberikan manfaat bagi orang lain.

“Anak-anak MiLAnnials Gen ini sangat antusias dalam kegiatan kurban, karena ini kegiatan seperti ini baru pertama kali bagi mereka. Dengan dibantu tukang jagal, mereka memotong daging hingga membungkusnya sendiri. Jadi benar-benar pengalaman baru buat mereka yang ingin berbagi dan bermanfaat bagi orang yang membutuhkan,” ucap Devin.

BACA JUGA: Jembatan Melengkung Dicat Sasirangan, Wajah Sungai Duyung Kian Menawan

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) tahun 2021. Bersamaan dengan momentum hari Kurban 1442 H, Kolaborasi KITA menggelar program #KITAberbagi2021 dengan tema ‘KITA Berbagi, Merajut Peduli Untuk Sesama’

Program sosial ini melibatkan sebanyak 679 komunitas dengan lebih dari 14.000 anggota di 82 kabupaten/kota di Indonesia Timur. Namun, dalam pelaksanaannya, masing-masing komunitas hanya diwakili beberapa anggotanya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

BACA JUGA: Pantau Pembersihan Sungai Duyung, Walikota Ibnu Sina : Sungai Bukan Tong Sampah

Komunitas yang terdiri dari Bold Riders, Super Friends, Heppiii Community, dan Kill The LAst ini berhasil mengumpulkan lebih dari 670 kambing dan 7 sapi. Hewan-hewan kurban itu kemudian dipotong dan dagingnya diberikan kepada ribuan anggota masyarakat yang berhak, yang tersebar di 82 kabupaten/kota.

Kolaborasi KITA ini merupakan tahun kedua. Pada tahun 2020, kegiatan yang sama melibatkan 379 komunitas dengan donasi sebanyak 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing. Saat itu lebih dari 5.000 paket daging kurban berhasil dibagikan.

Pembagian hewan kurban hasil inisiatif dari Kolaborasi KITA tahun 2021 ini semakin berarti. Pasalnya, program ini berhasil mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekornya adalah Pembagian Paket Daging Kurban Oleh Komunitas Terbanyak.

Bagi Kolaborasi KITA, ini adalah penghargaan ketiga dari MURI. Sebelumnya Rekor MURI pertama adalah Donor Darah oleh komunitas terbanyak. Sedangkan Rekor MURI kedua merupakan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020. (jejakrekam)

Penulis Rahim
Editor Siti Nurdianti

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.