Jelang Tujuhbelasan Pedagang Bendera dan Umbul-umbul Tetap Layani Langganan di Masa PPKM

0

MENYAMBUT perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pedagang bendera dan umbul-umbul mulai marak memenuhi ruas jalan. Terkhusus di kawasan Pasar Baru, Banjarmasin.

SALAH satu pedagang kaki lima di kawasan itu yakni M Yasir, yang sering melayani pembeli atau pelanggan berasal dari luar daerah. “Saat ini untuk omset memang ada penurunan, sebab Banjarmasin lagi PPKM,” ujarnya.

“Tapi tahun ini belum bisa diprediksi. Penjualan belum ramai, masih awal bulan dan dan calon pembeli dari luar daerah belum ada yang berdatangan,” katanya.

BACA: Sambut Tujuhbelasan, Pedagang Bendera di Pasar Baru Raup Untung

“Walaupun ada saja pembeli tiap harinya, tapi omzet penjualan belum ada peningkatan yang signifikan, masih normal. Sementara dalam sehari pendapatan sekitar Rp 1 juta hingga Rp 2 juta. Saya berharap pada hari menjelang tujuhbelasan tahun ini ada kenaikan omzet penjualan dari tahun sebelumnya,” harapnya.

Di tempat lain pedagang bendera dan umbul-umbul serta pernak-pernik khas tujuhbelasan yakni Sugianoor, memaparkan omzet penjualannya tak berdeda jauh dari tahun sebelumnya.

“Memang ada kenaikan harga, itupun tergantung bahannya sendiri. Untungnya langganan kami banyak dari perkantoraan atau intansi pemerintah, maupun perusahaan yang memesan bendera yang berukuran besar maupun sedang, serta pernak-pernik tujuhbelasan,” katanya.

Senada dengan Sugianoor, pedagang lain Fazeri mengakui penjualannya sama seperti tahun sebelumnya. “Saat ini masih belum ada peningkatan masih biasa biasa saja. Biasanya pembelian dengan skala grosir atau partai bahkan ada yang enceran,” ujarnya.

BACA JUGA: Banjarmasin-Banjarbaru Terapkan PPKM Level IV 26 Juli: Mall Ditutup, Belajar Kembali Online

Menurut Fazeri, yang banyak dicari adalah bendera merah putih untuk dipasang depan rumah atau pinggir jalan, kalau ada kenaikan harga tidak seberapa.

Harga umbul-umbul merah putih ukuran 3 meter seharga Rp 25 ribu per lembar. Lebih besar ukuran 4 meter ditawarkan seharga Rp 35 ribu. Ditambahkannya bendera merah putih ukuran 1,8 meter dijual seharga Rp 75 ribu per lembar untuk harga eceran, Sedangan, untuk partaian dapat potongan harga Rp 5 ribu per lembar.

Produsen bendera dan umbul-umbul adalah penjahit di Banjarmasin, sedangkan pernik pernik khas tujuhbelasan dari Bandung dan Surabaya.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.