Bupati Balangan Gelar Ekspose Inovasi Layanan Publik

0

BUPATI Balangan Abdul Hadi lakukan ekspose inovasi layanan publik. Hal utama yang ditampilkan pada inovasi ini adalah pelayanan kesehatan Pubertas atau Puskesmas Berjalan di Tapal Batas, yang disampaikan melalui video conference. Berlangsung di Ruang Rapat Bupati belum lama tadi.

ABDUL Hadi menerangkan inovasi ini merupakan inisiasi bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan. Dimana inovasi tersebut telah masuk dalam nominasi top inovasi pelayanan publik.

Ia menyampaikan Pubertas ini merupakan pelayanan kesehatan secara jemput bola, dengan mengirimkan tenaga medis untuk melayani kesehatan warga pedalaman di Balangan.

“Kalau biasanya warga yang datang ke Puskesmas, melalui Pubertas ini, tenaga medis yang jemput bola. Sehingga layanan kesehatan sampai ke wilayah terpencil sekalipun,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui bahwa program Pubertas ini telah masuk dalam inovasi layanan publik yang ditargetkan akan masuk di top 45 besar.

Terakhir Abdul Hadi menambahkan kedepan akan memberikan pengarahan kepada Dinas Kesehatan untuk menambah tenaga dokter di setiap puskesmas. Sehingga program untuk dokter kunjung bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Erwan Mega Karya Latif mengatakan, kegiatan Pubertas tersebut telah berlangsung sejak tahun 2010 yang anggarannya bersumber dari DAK.

“Pada Puskesmas Uren, enam dusun dilayani oleh tenaga kesehatan, di antaranya Dusun Tanjung Jalamu, Sawang, Libaru Sungkai dan Ambata. Sementara pada Kecamatan Tebing Tinggi yakni Dusun Nanai,” jelasnya.

Terpisah, Plt. Kepala UPTD Puskesmas Uren, Rahmat Yusliansyah berharap agar inovasi ini selalu berkembang dan berkelanjutan, serta dapat terus meningkatkan elemen di dalam pelaksanaannya.

“Ada 27 elemen pelaksanaan penilaian SPM dan juga tambahan UKM lain yang akan kira tingkatkan,” tuturnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.