Belum Termasuk Bansos, Pemkot Banjarmasin Gelontorkan Dana Rp 34 M untuk PPKM Level IV

0

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Banjarmasin menyiapkan anggaran sebesar Rp 34 miliar dalam rangka penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV.

DIKETAHUI, kebijakan yang memperketat sejumlah sektor ini bakal diterapkan mulai Senin (26/7) hingga Minggu (8/8) mendatang.

“Anggaran yang masuk ke Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Banjarmasin sekitar Rp 34 M. Untuk seluruh SKPD,” ucap Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina di kediaman, Minggu (25/7).

Menurutnya, dana puluhan miliar rupiah tersebut berasal dari refocusing atau realokasi anggaran. Kata dia, selain untuk memenuhi keperluan pelaksanaan PPKM level IV, dana tersebut juga digunakan untuk penanganan Covid-19 selama semester kedua.

Kendati demikian, Ibnu tak menjelaskan secara rinci ke mana saja anggaran bakal digunakan nanti. Pastinya, dia menyebut ada tiga SKPD yang mendapat jatah paling banyak.

BACA JUGA: Banjarmasin-Banjarbaru Terapkan PPKM Level IV 26 Juli: Mall Ditutup, Belajar…

“Yakni Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Sosial (Dinsos) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Termasuk juga nantinya pelaksanaan operasi yustisi di Satpol PP,” ungkapnya.

Di sisi lain, hingga kini Pemkot Banjarmasin belum menyiapkan bantuan sosial (bansos) untuk warga terdampak selama PPKM Level IV diterapkan hingga dua pekan ke depan.

Ibnu berkata Dinsos Banjarmasin telah mengikuti rapat koordinasi tingkat provinsi. Saat itu, pihaknya diminta menyampaikan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Mudah-mudahan data itu bisa membantu kita, terkait nanti bantuan sosial apa yang akan diberikan,” ujarnya.

Berkaca pada pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahun lalu, total warga Banjarmasin yang mendapat bansos tercatat sebanyak 52 ribu jiwa.

Menurut Ibnu, pihaknya masih harus mendata terlebih dahulu. Apakah tetap memakai data sebelumnya atau berubah lagi. (jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.