Optimalkan Potensi Ekonomi, KPwBI Kalsel Selenggarakan Road to Fesyar KTI 2021

0

KEPALA KPwBI Kalsel Amanlison Sembiring menyampaikan, pandemi Covid-19 mendorong banyak negara di Dunia mengoptimalkan potensi ekonomi yang dimilikinya melalui Transformasi ekonomi.

MENURUTNYA, transformasi ekonomi, dapat memperkuat struktur perekonomian nasional untuk tumbuh tinggi dan berkelanjutan melalui penguatan sektor unggulan, termasuk pengembangan ekonomi dan keuangan syariah sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru.

“Pandemi Covid-19 telah menghantam perekonomian dan memaksa ekonomi di banyak negara termasuk Indonesia terkontraksi serta mengganggu rantai pasok global,” ungkapnya disela acara Road to Fesyar KTI 2021 dengan mengangkat tema Bersinergi Membangun Ekonomi dan Keuangan Syariah untuk Memperkuat Momentum Pemulihan Ekonomi Baru, Jum’at (23/7/2021).

BACA : Transaksi Di FESyar KTI 2019 Mencapai Miliaran Rupiah

Kegiatan Road to Fesyar KTI 2021 ini dilaksanakan secara online dan offline dengan jumlah peserta terbatas serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Ekonomi syariah mengedepankan kemitraan yang berkeadilan, mencegah spekulasi non-produktif yang dapat memicu ketidakstabilan, serta memandang kelestarian alam sebagai amanah yang harus dijaga.

Karena itu, kata Amanlison, pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional menjadi bagian penting dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Perkembangan ekonomi syariah juga tercermin dari data pangsa sektor Halal Value Chain terhadap pertumbuhan ekonomi domestik sebesar 24,86% di tahun 2020, melanjutkan tren peningkatan selama 4 tahun terakhir,” ujarnya.

BACA JUGA:  Menuju FESyar KTI 2019, Bank Indonesia Kalsel Gelar Video Conference

Untuk mewujudkan hal tersebut tambahnya, Bank Indonesia bersama Pemerintah dan otoritas terkait lainnya terus bersinergi dalam mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah melalui kebijakan pengembangan ekonomi syariah nasional yang semakin fokus, ditandai dengan penetapan peraturan presiden No. 28 tahun 2020 tentang Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

Kegiatan Road to Fesyar KTI 2021 ini merupakan implementasi program ekonomi syariah Bank Indonesia di Kawasan Timur Indonesia yang mendukung pilar Penguatan Riset, Asesmen, dan Edukasi,” jelasnya.

Selain itu, KPwBI Kalsel juga mengadakan sharia fair melalui pameran UMKM dan Pondok Pesantren yang akan dilaksanakan pada tanggal 23–24 Juli 2021 di Duta Mall, Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.