PDAM Bandarmasih Jelaskan Status Pipa di Bantaran Sungai

0

SELAMA ini Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan juga politisi mengkritisi pemasangan pipa PDAM yang diletakkan hanya di bantaran sungai dan tidak ditanam, yakni milik PDAM Intan Banjar.

TERNYATA, pipa milik PDAM Bandarmasih juga ada yang hanya di letakkan di bantaran sungai dan tidak ditanam.

Dari pantauan jejakrekam.com, bahwa pipa milik PDAM Bandarmasih yang hanya di tempatkan di bantaran sungai, berada di kawasan flyover jalan A Yani kilometer empat, Banjarmasin.

BACA: Tumpukan Pipa PDAM Intan Banjar Diduga Sumbat Aliran Sungai A Yani

Terkait hal ini, Direktur Operasional PDAM Bandarmasih, H Supian membenarkan bahwa memang ada pipa milik PDAM Bandarmasih yang diletakkan di bantaran sungai dan tidak di tanam, Rabu (21/7/2021).

Supian menceritakan, saat itu flyover mau dibangun. “Berdasarkan desain proyek flyover itu, PU Prov Kalsel meminta agar di kawasan itu tidak ada pipa PDAM yang ditanam di jalur itu,” ujarnya.

“Pipa yang berada di situ sudah ada sejak Direktur PDAM Bandarmasih di jabat Pak Muslih. PU Provinsi Kalsel menyertakan modal ke PDAM Bandarmasih sebesar Rp 15 miliar, untuk memindahkan pipa di bantaran sungai. Sebab alternatifnya cuma di atas sungai dan tidak ada lokasi lain di kawasan itu,” bebernya.

BACA JUGA: Direktur PDAM Intan Banjar Luruskan Tudingan Pemasangan Pipa di Tengah Sungai

“Sementara pipa besar itu guna melayani tiga Kecamatan, yakni Banjarmasin Timur, Banjarmasin Selatan dan Banjarmasin Barat. Maka dipindahlah ke bantaran sungai itu, hingga sampai saat ini pipa itu berada di sungai itu. Akibat di jalan tidak memungkinkan, dan juga ini keinginan dari PU Provinsi Kalsel, bukan dari pihak PDAM,” ujarnya.

“Tetapi, pihak kami sudah melakukan survey tentang keberadaan pipa di bantaran sungai itu. Kalau ada dananya, pipa itu akan kami tanam juga,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.