Safrizal Minta Bupati dan Walikota Harus Tegas Tegakkan Prokes Ke Masyarakatnya

0

KASUS Covid-19 di Kalimantan Selatan setiap hari nya terus mengalami kenaikan. Hari ini saja, Selasa (20/7/2021) kasus covid di Kalsel naik sebanyak 495 kasus.

TERSEBAR di 13 kabupaten/kota se Kalsel, maka jumlah pasien yang masih dirawat di beberapa rumah sakit di mencapai 3.976 orang.

“Mengalami kenaikan terus, maka saya beserta Forkompinda Kalsel terus berkoordinasi dengan kepala daerah se Kalsel,” ujar Pj Gubernur Safrizal ZA Senin (19/7/2021), kepada awak media saat penyerahan sapi kurban di Masjid Raya Sabilal Muhtadin.

Yang pertama untuk menekan pertambahan kasus positif, kita minta Bupati dan Walikota melakukan penegakan protokol kesehatan yang ketat. “Lakukan razia, penyekatan, dan yang tidak pakai masker ditindak, disamping kegiatan lain dalam penegakan prokes,” ujarnya.

BACA: Kasus Positif Covid 19 Terus Naik, Ahli Epidemiologi: Ini Penyebabnya

Kemudian untuk mengerem penyebaran Covid-19, lakukan traking dan testing. Saya minta bupati dan walikota serta tenaga kesehatan yang terlibat dalam Satgas, melakukan treking sedapat mungkin. Mencari sebanyak- banyaknya, agar tidak bertambah lebih banyak, kita karantina,” sambungnya.

Safrizal menambahkan tentang status kapasitas kesehatan. “Kita monitor berapa ICU yang sudah terpakai. Hari ini saja sudah 66 persen rata-rata ICU yang terpakai, kita terus minta rumah sakit untuk menambah,” bebernya.

Safrizal khawatir kalau pemakaian ICU mendekati 80 persen. “Kita akan pasang rumah sakit darurat. Walikota Banjarmasin juga sudah menyiapkan rencana Rumah Sakit darurat,” jelasnya.

“Kalau masih tidak cukup juga, kita akan menyiapkan tenda darurat untuk rumah sakit darurat, tapi sejauh mungkin kita tekan jangan sampai ke arah ke daruratan,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.