Pemkot Banjarmasin Sarankan Jangan Pakai Kantong Plastik untuk Bungkus Daging Kurban

0

PANITIA kurban 2021 di Kota Banjarmasin disarankan agar tak memakai kantong plastik untuk mengemas daging kurban. Hal itu juga selaras dengan surat edaran Pemkot Banjarmasin nomor 660/0641/TL-DLH/VI/2021.

KEPALA Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, Marzuki menjelaskan, surat edaran itu demi meningkatkan kualitas lingkungan hidup di ibukota Kalsel.

Kemudian, mewujudkan Kota Banjarmasin yang selaras dengan motto Baiman (Barasih wan Nyaman), saat perayaan Idul Adha nanti.

BACA:

Zek-sapaan akrabnya, pun menyarankan panitia untuk menggunakan kantong yang ramah lingkungan seperti berbahan cassava. “Memang harganya agak mahal. Tapi ini sangat membantu mengurangi sampah plastik,” ucapnya, Selasa (13/7/2021).

Toh, jika panitia kurban tetap kekeuh untuk memakai kantong plastik, Zek meminta panitia kurban jangan memakainya hingga dua lapis. “Akan lebih baik lagi jika warga yang menerima daging kurban diharuskan membawa bakul purun atau wadah sendiri,” sarannya.

Bayangkan saja, jika satu hewan kurban bisa sampai 70 sampai 100 kupon. Artinya, ada segitu pula kantong plastik yang disiapkan.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.