RPJMD 2021-2026 Mengakomodir Visi dan Misi Janji Politik

0

SEKRETARIS Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, H Ambo Sakka menyampaikan jawaban Bupati Tanah Bumbu atas pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Raperda RPJMD Tahun 2021-2026.

RAPAT dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD Agoes Rakhmadi dihadiri anggota DPRD, Forkopimda, Sekda, Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPD, dan undangan lainya.

Bupati HM Zairullah Azhar dalam pidato tertulisnya disampaikan Sekda H Ambo Sakka, mengatakan rancangan akhir RPJMD Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2021-2026 yang sudah disusun. Pada prinsipnya sudah mengakomodir seluruh visi, misi dan janji politik kepala daerah terpilih, hal ini dapat terlihat pada Bab 6 RPJMD.

Menanggapi pandangan fraksi terkait sektor pertanian, pemerintah daerah akan membangun dan mengembangkan industri hilir, seperti pabrik pengolahan ikan, pabrik biodesel, dan lain-lain. Hal ini juga sudah diakomodir dan tertuang dalam Strategi, arah kebijakan dan program pembangunan daerah. Serta sudah direncanakan pada Renstra SKPD khususnya Dinas Perikanan dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

BACA: DPRD Tanbu Gelar Rapat Paripurna RPJMD 2021-2026

“Selanjutnya terkait dengan akses permodalan dan peningkatan skill pelaku pada sektor pertanian, sudah diakomodir pada Strategi dan Arah Kebijakan RPJMD,” katanya.

Terhadap ketersediaan infrastruktur kesehatan dan layanan kesehatan gratis, pemerintah menjamin pelayanan kesehatan gratis akan tetap tersedia bagi masyarakat yang berhak menerimanya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Selanjutnya berkenaan infrastruktur rumah sakit, pemerintah daerah berencana membangun rumah sakit khusus penanganan pandemi Covid-19. Sementara untuk layanan kesehatan dasar yang lain akan mengoptimalkan posyandu, klinik-klinik kesehatan, puskesmas serta fasilitas layanan kesehatan lainnya.

Menjawab pandangan umum fraksi terkait strategi dan Arah Kebijakan Pemda dalam Menangani Pasca Covid-19 di RPJM, antara lain: Implementasi dan sosialisasi Protokol Kesehatan (6M: Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun, Menjaga jarak, Mengurangi mobilitas, Menghindari kerumunan, serta Meningkatkan imunitas dan Melaksanakan vaksinasi), selama Pandemi Covid-19 dan prilaku hidup bersih dan sehat kepada seluruh masyarakat.

BACA JUGA: Wabup HM Rusli Sampaikan KUA PPAS APBD 2022

Mengenai Serambi Madinah merupakan sebuah inovasi dalam pemerintahan Kabupaten Tanah Bumbu, yang berbasis pada transformasi tatanan masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu.

“Serambi Madinah merupakan jawaban dan pengembangan gagasan dari pencanangan Presiden Republik Indonesia tentang revolusi mental,” ucapnya.

Revolusi mental yang diterapkan pada Serambi Madinah berorientasi pada kehidupan masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu.

Pengukuran yang terintegrasi dengan indeks lainnya oleh karena itu indikator dalam mengukur Serambi Madinah menggunakan indeks kesalehan sosial dan indeks kebahagiaan.

“Kesalehan sosial merupakan peningkatan ibadah sosial masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu untuk hidup rukun, damai, saling tolong menolong dan bertamadun (beradab) sehingga meningkatkan efektivitas dan efesiensi roda penyelenggaraan pemerintah kabupaten dalam pembangunan daerah,” sebutnya.

Untuk pengembangan Infrastruktur terkait dengan Serambi Madinah, pemerintah daerah melakukan pembangunan sarana prasana rumah tahfidz disetiap desa. Diikuti penguatan karakter lingkungan yang mencerminkan Serambi Madinah, dengan menggunakan ornamentasi religi.(jejakrekam)

Penulis Muaz
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.