Pj Gubernur: Kalsel Peringkat Lima Terbawah Nasional Kasus Penularan Covid-19

0

MESKI sejumlah kabupaten/kota mengalami lonjakan harian, secara keseluruhan kasus Covid-19 di Kalsel terbilang rendah jika diukur menggunakan data nasional.

Penjabat Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, bahkan bilang Kalsel kini sudah berada di peringkat lima terbawa se-Indonesia, dalam kasus penularan Covid-19.

“Boleh saya katakan ini merupakan rahmat dan karunia dari Allah serta usaha kita semua terutama masyarakat Kalsel, kita sekarang berada di peringkat lima terbawah se-Indonesia dalam kasus penularan covid-19, namun semua itu jangan sampai membuat kita lengah dan kendor,” ujarnya dalam FGD bertema “Peran Stakeholder dalam Penanggulangan Covid-19 Menjelang Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19 di Provinsi Kalsel”, Selasa (13/7/2021) di Gedung Mahligai Pancasila.

BACA JUGA : Akses Masuk ke Kalsel Diperketat, Wajib Perlihatkan Hasil PCR Covid-19

Menurut Safrizal, keberhasilan ini tidak luput dari kerja keras seluruh stake holder dan tentu saja masyarakat Kalsel yang terus aktif dan taat pada prokes yang ketat.

Ke depan, ia juga menekankan pentingnya menguatkan kolaborasi berbagai pihak dalam menangani pandemi Covid-19.

Sedangkan, mengenai pembelajaran tatap muka yang akan dilaksanakan oleh sekolah-sekolah di Kalsel, Safrizal mengungkapkan, perlu adanya aturan-aturan serta ilmu pengetahuan mengenai apa itu Covid-19.

“Seperti aturan yang sudah kita terapkan dan patuhi bersama, diharapkan begitu juga pada dunia pendidikan, kita harus teliti dan cermat dalam mengambil keputusan. Seperti guru harus sudah divaksin, pengetahuan tentang SOP serta pengetahuan tentang Covid-19. Begitu juga dengan para murid, harus tau SOP nya serta dibarengi dengan kepatuhan,” jelasnya.

BACA JUGA: Belum Kantongi Rekomendasi Satgas Covid-19, PTM SMA Sederajat Di Kalsel Terpaksa Ditunda

Sementara itu, Kapolda Kalsel, Rikwanto mengatakan upaya-upaya terus dilakukan untuk menciptakan situasi yang kondusif di Kalsel dan berharap FGD ini bisa membuka tabir atau pemikiran agar bisa menghasilkan keputusan yang tepat.

Kata dia, di Indonesia ada kebiasaan ngumpul yang sulit untuk dihilangkan, maka dari itu peran serta masyarakat dinilai sangat penting dalam menekan angka penularan covid-19 di Kalsel.

“Selain itu saya berharap Pemda, TNI, Polri, BPBD bisa bekerja sama membuat posko-posko taktis di lapangan untuk melakukan penyekatan serta menyaring arus keluar masuk Kalsel, baik itu jalur laut, darat dan udara. Kita lindungi dan jaga bersama-sama untuk keselamatan Kalsel itu sendiri,” pungkasnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Iman Satria
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.