Husairi Abdi

Lelah Usai Tempuh Jalur Laut, Sejumlah Sapi Kurban di Banjarmasin Diberi Vitamin

0

JELANG perayaan hari raya kurban atau Idul Adha 1442 Hijriah, sejumlah sapi yang ada di Rumah Potong Hewan (RPH) Jalan Tembus Mantuil, Kelurahan Basirih Selatan, Banjarmasin Selatan menjalani pemeriksaan, pada Senin (12/7/2021).

PEMERIKSAAN dipimpin langsung oleh Medik Veteriner Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarmasin, drh Annang Dwijatmiko. Dari temuan lapangan, ia membeberkan ada beberapa hewan yang mengalami kekelahan fisik akibat menempuh perjalanan lewat jalur laut.

Pasalnya, rata-rata sapi yang ada saat ini didatangkan langsung dari luar Pulau Kalimantan. Seperti di Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat.

BACA JUGA: Momen Idul Adha, Bulog Divre Kalsel Mulai Datangkan Bapok Daging Beku

Alhasil, sejumlah sapi tersebut harus mendapat suntik vitamin, guna memulihkan staminanya kembali. “Ini agar warga yang ingin membeli hewan kurban tersebut tak merasa dirugikan,” ujarnya.

BACA JUGA: Hiswana Migas Kalsel Optimis Stok LPG 3 Kg Cukup Sambut Idul Adha

Di samping itu, Annang tak menampik terdapat juga sapi yang mengalami patah kaki pasca perjalanan jalur laut. Kendati demikian, sapi tersebut dipastikan tak masuk dalam persediaan hewan kurban. Lantaran dianggap tidak layak.

“Jadi sapi yang sudah kondisinya seperti itu, harus cepat-cepat dipotong agar tak mengalami kerusakan lebih parah. Jangan ditunda-tunda,” tutur Annang. (jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.