Zairullah Terima Tim Expose Pembangunan Pengalengan Ikan

0

BUPATI HM Zairullah Azhar didampingi Sekretaris Daerah dan Kepala SKPD, menghadiri expose terkait pembangunan pengalengan ikan di ruang rapat Bupati, Sabtu (2/7/2021).

ADAPUN rencana pembangunan pabrik pengalengan ikan yang direncanakan Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar kembali digaungkan, dan saat ini akan segera diwujudkan.

Bahkan, baru beberapa bulan menjabat, Zairullah Azhar telah mengerahkan dinas terkait untuk mendatangkan tim ahli dan berpengalaman di bidang pengolahan berbahan baku ikan untuk ekspose rencana pembangunan pabrik tersebut.

BACA: Ambisi ZR soal Perikanan di Tanbu: Beli Kapal sampai Bikin Pabrik Ikan Kaleng

Ada dua tim ahli dari Jawa Timur datang menjelaskan apa saja yang bisa dilakukan. Pemaparan disaksikan langsung Bupati dan Sekretaris Daerah H Ambo Sakka dan sejumlah Kepala Dinas termasuk Kepala Dinas Perindustrian Tanbu H Deny Hariyanto dan Kepala Dinas Perikanan, Yulian Herawati.

Paparan disampaikan dua orang berpengalaman, yakni Tomi PT KBT Seafood International dan Effendi CEO PT Rimbun Nan Hijau Sidayu Gersik Jawa Timur.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Tanbu, H Deny Hariyanto, usai ikuti pertemuan tersebut mengatakan, sesuai visi dan misi Bupati. Program untuk meningkatkan pendapatan dari hasil nelayan dan petani tambak ikan, udang akan dimulai.

”Sesuai komitmen, beliau mengundang perusahaan yang sudah berpengalaman dalam pelaksanaan industri yang bahan baku bersumber dari ikan, baik dari hasil laut maupun petani tambak, dimana nantinya akan berpeluang besar terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat,” sebut Deny.

BACA JUGA: Menjadi yang Pertama, BLUD Bakal Ada di Pelabuhan Perikanan Batulicin

Selain itu, dengan rencana pembangunan pabrik ini, nelayan bakal terbantu dengan harga ikan yang akan stabil dengan adanya pabrik pengolahan ikan.

”Berdasarkan hasil rapat tindak lanjut yang dipimpin oleh assisten perekonomian dan pembangunan, Rahmat Prapto Udoyo, bahwa investor siap bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam mengupayakan pembangunan Pabrik pengolahan ikan dalam produk frozen,” katanya.

Hasil tersebut, Bupati memberikan respon positif dengan harapan bisa memberdayakan masyarakat nelayan dan petani tambak.

Deny juga mengatakan siap mendukung dari segi suplai bahan baku. ”Setelah rapat, kami juga meninjau lokasi yang rencana pembangunanya berada di Desa Muara Ujung Kecamatan Kusan Hilir,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Muaz
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.