Tarif Sewa Meter Air Naik, Komisi II DPRD Bakal Panggil Direksi PDAM Bandarmasih

0

RENCANA penyesuaian biaya meter yang harus ditanggung para pelanggan PDAM Bandarmasih memantik protes dari masyarakat. Sejumlah pihak menilai langkah ini membebani publik di tengah kondisi pandemi.

KOMISI II DPRD Banjarmasin pun angkat suara tentang rencana kenaikan biaya oleh PDAM Bandarmasih.

Awan mengatakan sampai sekarang PDAM belum ada menginformasikan maupun berkoordinasi kepada Komisi 2 II DPRD kota Banjarmasin ihwal langkah ini.

“Karena informasi sudah beredar, maka rencana Komisi II akan memanggil PDAM pada hari Selasa depan,” ujar Awan saat berbincang dengan jejakrekam, Minggu (4/7/2021).

BACA JUGA: Cabut Tarif 10 Kubik, Naikkan Sewa Meter, Fraksi PKS Tuding Kebijakan Walikota Sarat Politis

Dia menegaskan DPRD tidak menyetujui kenaikan harga tersebut, karena kondisi masyarakat yang sekarang secara ekonomi banyak mengalami kesusahan.

“Apalagi kondisi pandemi yang belum berakhir,” imbuh Awan Subarkah.

BACA JUGA: Sewa Meter Naik Efektif Agustus Nanti, PDAM Bandarmasih Klaim Direstui Dewas Dan Walikota

Diwartakan sebelumnya, Humas PDAM Bandarmasih Nur Wahid beralasan kenaikan tarif meter, sebab selama ini pendapatan air yang harusnya dinikmati PDAM Bandarmasih dari para pelanggan terdiri dari harga air sejak 2015 hingga 2017 lalu belum ada penyesuaian.

“Sementara, harga barang dan jasa operasional PDAM Bandarmasih terus meningkat sesuai inflasi. Kami tegaskan penyesuaian biaya sewa meter ini juga untuk keberlangsungan peningkatan pelayanan PDAM Bandarmasih kepada pelanggan,” ujar Wahid.

Ia mengungkapkan rencana penyesuaian biaya sewa meter itu sudah dikaji sejak akhir 2019 lalu. Ia berdalih kebijakan itu sudah mendapat persetujuan dari Dewan Pengawas (Dewas) PDAM Bandarmasih dan diketahui oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina.

“Penyesuaian biaya sewa meter ini tidak memengaruhi tagihan pembayaran penggunaan air. Tidak memengaruhi sama sekali,” kata dia. (jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.