Walikota Ibnu Sina Samakan Kenaikan Sewa Meter PDAM Bandarmasih Seperti Bayar Parkir

0

WALIKOTA Banjarmasin Ibnu Sina akhirnya angkat suara. Begitu disorot publik termasuk ancaman bakal digugat para advokat tergabung di Borne Law Firm (BLF), orang nomor satu di Balai Kota mengeluarkan klarifikasi.

DALAM video berdurasi 02.36 detik, Walikota Ibnu Sina pun menegaskan dirinya tak pernah mengizinkan lagi jika PDAM Bandarmasih untuk menaikkan tarif air leding yang dibebankan kepada pelanggan.

“Saya harus mengklarifikasi masalah ini. Saya sudah mengingatkan kepada pihak PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin tidak ada lagi kenaikan tarif, jadi ini tolong diluruskan,” ucap Ibnu Sina dalam video pendeknya dikutip jejakrekam.com, Minggu (4/7/2021).

Mantan anggota DPRD Kalsel asal Fraksi PKS ini mengatakan yang diusulkan PDAM Bandarmasih itu adalah kenaikan tarif sewa meter. Namun, beber Ibnu Sina, kenaikan sewa tarif meter leding itu tidak berlaku bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Totalnya ada sekitar 25 ribu lebih termasuk pelanggan MBR di PDAM Bandarmasih.

“Yang diusulkan ada kenaikan sewa meter untuk kalangan pelanggan berekonomi menengah ke atas. Mulai dari Rp 2 ribu hingga 5 ribu,” bebernya.

BACA : Sewa Meter Naik Efektif Agustus Nanti, PDAM Bandarmasih Klaim Direstui Dewas Dan Walikota

Ibnu Sina memberi contoh. Misalkan, pelanggan memiliki tagihan pemakaian bulan ini Rp 50 ribu, dan maka sewa meter dibebani Rp 2 ribu. “Maka hanyar (baru) bayar Rp 52 ribu saja. Ini seperti bayar parkir saja, nah seperti itu usulannya,” katanya beranalogi.

Dalam kesempatan itu, Walikota Ibnu Sina pun mengklarifikasi bahwa keputusan untuk menaikkan tarif sewa meter PDAM Bandarmasih belum sepenuhnya disetujui Dewan Pengawas (Dewas).

“Karenanya, saya pastikan , tolong kepada masyarakat Kota Banjarmasin suasana kita masih (pandemi) Covid-19 dan ekonomi kita seperti ini. Di saat yang sama, PDAM (Bandarmasih) juga ikut mengalami kerugian biaya pemeliharaan meter yang selama ini disubsidi,” ucapnya.

BACA JUGA : Tarif Sewa Meter Naik, Presdir BLF Desak SK Direksi PDAM Bandarmasih Dibatalkan

“Oleh karena itu, usulan ini belum bisa dipastikan, dan kembali saya pastikan bukan soal tarif tetapi ini terkait dengan usulan sewa meter. Semoga pian-pian (saudara) tenang dan saya terima kasih atas kritik dan saran termasuk di media sosial. Silakan pian komentar macam macam, tetapi saya berharap ambil sumber yang betul betul valid dari PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin,” kata Ibnu Sina panjang lebar.(jejakrekam)   

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.