Dinsos PMD, TP PKK dan Karang Taruna Barito Utara Perangi Sampah

0

PERANG sampah sembari jalan sehat digelar Karang Taruna Barito Utara di dua titik Kota Muara Teweh, Sabtu (3/7/2021).

LEMBAGA kepemudaan ini bersama-sama Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, mengandeng Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Barito Utara turun, ke pemukiman warga memungut sampah.

Menariknya, Ketua TP PKK Barito Utara, Hj Sri Hidayati Nadalsyah ikut memungut sampah di gang-gang perumahan warga. Aksi pemuda ini tambah semangat, setelah kehadiran Ketua Majelis Pembina Karang Taruna (MPKT) Barito Utara, Akhmad Gunadi.

BACA: Dinas PUPR Barut Rutin Membersihkan Jalan dan Minta Kesadaran Warga Akan Kebersihan

Sebelum pelepasan peserta aksi, Kadinsos PMD Barut, Eveready Noor menyampaikan, perang sampah dan jalan sehat itu diikuti belasan organisasi pemuda dan komunitas di Muara Teweh.

“Kita tidak beraksi di jalan protokol, melainkan ke gang-gang. Kegiatan ini salah satu upaya untuk menjadikan Kota Muara Teweh bersih dan indah,” ujar pembina fungsional Karang Taruna ini.

Setelah itu, Ketua MPKT, Akhmad Gunadi melepas para pemuda yang ikut dalam Gabungan Relawan Kemanusiaan (GEN) Batara di Halaman Kantor DinsosPMD.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim peserta perang sampah dan jalan sehat dalam rangka Hari Jadi ke 71 Kabupaten Barito Utara dengan ini saya lepas,” ucap Agi Nadalsyah, sapaan akrabnya saat melepas peserta didampingi pula Kadisnakertranskop dan UKM H Mastur, Ketua Karang Taruna Roby Cahyadi serta Sekretaris Saleh Purwanto.

Selanjutnya, peserta aksi menuju tiga zona yakni gang sekitar Jalan Sengaji Hulu dan Hilir, serta Jalan Meranti Dermaga Muara Teweh. Ketua TP PKK Hj Sri Hidayati Nadalsyah menelusuri gang kecil sekitar pemungkiman warga Dermaga Muara Teweh.

Ia bersama ibu-ibu PKK dan GEN Batara mengambil sampah di jalan. Demikian juga Agi Nadalsyah tampak semangat berjalan kaki dari Water Front City, Pasar Pendopo Muara Teweh hingga gang-gang sempit pemungkiman warga.

Sampah yang dikumpulkan oleh peserta cukup banyak. Nantinya akan diangkut petugas kebersihan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat.

Usai perang sampah, Ketua TP PKK Sri Hidayati kepada wartawan menyampaikan apresiasi aksi sosial tersebut. Dirinya melihat langsung keadaan gang-gang pemukiman warga.

“Saya melihat masih ada sampah-sampah yang dibuang sekitar pemukiman. Kegiatan ini sangat bagus karena dapat menyadarkan warga, kalau bisa jangan hanya sekali tapi berkelanjutan,” tutur Sri.

Hal senada diutarakan Agi Nadalsyah. Dirinya berharap Kota Muara Teweh bersih dan indah. “Keinginan kita bersama agar selalu sehat. Salah satu caranya dengan menjaga kebersihan,” terangnya.

Kegiatan tidak berhenti disitu saja, keakraban Ketua TP PKK Sri Hidayati Nadalsyah dan Ketua MPKT Agi Nadalsyah berlanjut di halaman rumah jabatan bupati.

Karang Taruna dan GEN Batara mendapat jamuan diselengi permainan, sehingga terlihat tidak ada sekat antara Ketua TP PKK dan Ketua MPKT dengan para pemuda.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.