Husairi Abdi

Jalan Panglima Batur Banjarbaru Bakal Dibangun Pedestrian Sepanjang 2,2 Kilometer

0

WAJAH Banjarbaru akan segera dipermak bagi fasilitas publik. Pusat pemerintahan yang berpusat di Balai Kota, Jalan Panglima Batur, Loktabat Utara, Banjarbaru Utara, dilengkapi pedestrian untuk pejalan kaki.

KAWASAN yang selama ini berdenyut dengan Lapangan Murjani dan Minggu Raya, direncanakan akan dibangun pedestrian di sepanjang ruas Jalan Panglima Batur hingga Jalan Balitra. Panjangnya direncanakan 2.266 meter atau 2,6 meter dengan lebar trotoar 2,3 meter.

Apalagi, bahu jalan di kawasan Panglima Batur juga telah ditinggikan atau disamakan dengan badan jalan. Karena selama ini, tergolong curam dan membahayakan pengguna jalan. Selain itu, Walikota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin juga berencana untuk membangun jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Achmad Yani depan Ponpes Al Falah Putra dan depan SMPN 1 Banjarbaru.

Walikota HM Aditya Mufti Ariffin mengakui sudah ada perencanaan kota yang telah dikonsep matang.

“Kini, tinggal porsi anggarannya yang akan diajukan ke DPRD Banjarbaru. Apakah nanti disetujui atau tidak. Yang pasti, untuk APBD Perubahan tahun 2021 ini, sudah ada beberapa perencanaan yang masuk dalam usulan anggaran,” ucap Walikota HM Aditya Mutfi Ariffin kepada jejakrekam.com, Sabtu (3/4/2021).

BACA : Tambah Berdenyut, Banjarbaru Rencanakan Pusat Jajanan Kuliner di Kampung Pelangi

Meski saat ini, Banjarbaru juga masih dilanda pandemi virus Corona (Covid-19), politisi PPP ini mengungkapkan apakah nanti ada beberapa dana perencanaan dan pekerjaan fisik yang harus dialihkan.

“Ya, banyak anggaran yang kena refocusing Covid-19. Yang pasti, ada beberapa perencanaan kota yang segera diusulkan,” tuturnya.

Untuk diketahui, berdasar data LPSE Banjarbaru, proyek rehabilitasi Jalan Panglima Batur (Kelurahan Komet dan Kelurahan Mentaos) digarap kontraktor pemenang, CV Dua Mas dengan anggaran Rp 2,4 miliar berasal dari APBD 2021 pos Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarbaru.

Ini bagian kelanjutan dari proyek jalan tembus atau jalan penghubung Jalan Panglima Batur-Jalan Karang Anyar di Kelurahan Mentaos yang telah selesai dikerjakan pada 2019 senilai Rp 3,2 miliar lebih.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.