DPRD Pastikan Tak Ada Calon Titipan di Fit n Proper Test Komisioner KPID

0

SECARA bertahap, Rabu (30/6/2021) pagi, Komisi I DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) mulai melaksanakan fit and proper test terhadap calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kalsel Periode 2021-2024, di ruang Komisi I DPRD Kalsel di Banjarmasin.

SEKRETARIS Komisi I DPRD Kalsel, Suripno Sumas mengatakan, uji kelayakan dilakukan selama dua hari yaitu 30 Juni hingga 1 Juli 2021 terhadap 14 peserta yang diseleksi oleh tim komisi I yang beranggotakan 10 orang.

“Kita akan seleksi hasil yang diserahkan tim pansel dan akan dipilih tujuh orang, sisanya akan jadi PAW,” ujar Suripno kepada wartawan saat itu.

Suripno menjelaskan, nilai yang diberikan oleh tim penguji kepada tiap peserta akan dikumulatifkan untuk menjadi hasil akhir yang kemudian menjadi rangking.

Adapun mekanismenya penilaian, seluruh tim akan menilai dan disimpan di amplop tertutup kemudian disimpan di dalam peti dan dikunci.

Setelah jadwal seleksi berakhir, baru di hari yang ditentukan akan dibuka dan dihitung atau dikomulatifkan jumlah nilai masing-masing peserta.

Disinggung mengenai informasi adanya soal titipan ? Suripno tegas membantah dan menjamin hasil seleksi fit and proper test atau uji kelayakan ini bersifat aman. “Jadi mereka akan berkompetisi sesuai penilaian dari 10 anggota tim Komisi I,” jelasnya.

Adapun 10 anggota penyeleksi dari Komisi I  dibagi dalam 4 kelompok dengan tugas masing-masing dimana kelompok pertama akan menanyakan visi misi.

Kelompok kedua, menyangkut wawasan kebangsaan. Kelompok ketiga mengenai masalah pemerintahan, dan keempat masalah Undang-undang penyiaran.  Mengenai jawaban peserta akan dinilai dari angka minimal 60 dan maksimal 90 dengan  angka kelipatan lima. “Maksudnya kelipatan lima yaitu 60, 65, 70, 75 jadi tidak ada nilai 72 atau 73,” beber Suripno.

Salahsatu anggota Tim penyeleksi, Gina Mariati, yang sempat ditanya soal kualitas dan kemampuan para calon komisioner ? menyatakan bahwa semua kandidat memiliki nilai rata-rata. ” ya semua calon punya kemampuan rata-rata,” sebut Gina sambil berlalu.

Adapun 10 anggota tim penyeleksi dari Komisi I DPRD Kalsel, yaitu, 1. Hj Rahma Norlias. 2. Hj Heriyati, 3. Gina Mariati. 4. Siti Nortita Ayu Febria. 5. Suripno Sumas. 6. Karli Hanfie.7. Iskandar Zulkarnain, 8. H Syahdilah. 9. Gusti Rosadi. 10. Fahrani.(jejakrekam)

Penulis Ipik G
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.