Dinilai Berhasil, DPRD HSU Kaji Pengelolaan BUMDes di Desa Pendreh Barut

0

DINILAI dianggap berhasil mengelola usaha bersama, warga Desa Pendreh, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, menjadi subjek kajian DPRD Hulu Sungai Utara (HSU) soal keberadaan BUMDes.

DESA Pendreh dijadikan subjek kaji banding karena memiliki tiga jenis usaha seperti bergerak di bidang tongkang, penyediaan akses internet, hingga pengisian galon.

Kepala Desa Pendreh, Sugianto, saat hadir dalam kaji banding bersama sejumlah anggota DPRD Hulu Sungai Utara, sangat mengapresiasi maksud dan tujuan melaksanakan kaji banding.

“Dengan memiliki badan usaha yang dikelola nantinya dapat mengembangkan usaha warga dan juga untuk kesejahteraan bersama,” ujarnya.

BACA JUGA: Tingkatkan Kapasitas BUMDesa, Bang Dhin Sumbangkan Platform Digital

Bumdes memang bergerak bidang usaha, dan modal awal di ambil dari dana desa sesuai kebutuhan, tetapi juga untuk pembangunan.

Wakil Ketua I DPRD Hulu Sungai Utara, Mawardi mengatakan, pihaknya sangat salut dengan apanya sudah dikembangkan desa dalam bentuk mata usaha.

Menurut Mawardi, wilayah Barut memang kaya sumber daya alam. Sehingga, usaha yang dirintis masyarakat melalui badan usaha cepat berkembang dan berhasil. Salah satunya adalah Desa Pendreh yang menjadi rujukan DPRD HSU untuk ke depannya. (jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.