Bentrok di Lapangan, Belasan Demonstran #SaveKPK Jilid III Banjarmasin Jalani Perawatan

0

DI tengah guyuran hujan deras, aksi #SaveKPK jilid III di Kota Banjarmasin pada Kamis (1/7/2021), kembali pecah. Bentrokan terjadi antara kepolisian dengan para demonstran.

KETEGANGAN dipicu saat para demonstran memaksa masuk ke Gedung DPRD Kalsel, namun dihadang barikade aparat bersenjata.

Pasalnya, Ketua DPRD Kalsel Supian HK yang ditunggu-tunggu massa tak kunjung terlihat batang hidungnya.

Alhasil, bentrokan terjadi. Demonstran dengan polisi terlibat aksi saling dorong. Beberapa dari polisi terlihat harus menggunakan pentungan untuk menghalau massa. Botol-botol pun ikut berterbangan dari arah demonstran.

“Saya ditarik oleh orang berbaju putih, berkepala plontos. Kemudian dicekik, karena tidak terima saya cekik balik,” kata Ari, salah seorang demonstran.

BACA JUGA: Aksi #SaveKPK Jilid III: Mahasiswa Di Banjarmasin Beri Polisi Kartu Merah

Usai mendapat tindakan itu, Ari mengaku dilempar oleh orang tak dikenal tersebut ke tengah-tengah antara massa dengan aparat.

“Di tengah-tengah itu saya dipukul pakai helm dan beberapa benda lain, tidak terlalu jelas. Lalu ada polisi yang menolong saya dan membawa ke dalam gedung DPRD Kalsel,” ceritanya.

BACA JUGA: Yang Tersisa dari Aksi #SaveKPK Jilid II di Banjarmasin

Setiba di Rumah Banjar, Ari mengaku langsung diperiksa. Identitas kemahasiswaannya diminta oleh petugas.

“Setelah saya perlihatkan, dan mereka percaya saya adalah mahasiswa. Lalu saya dikembalikan,” ujarnya.

Dalam aksi kali ini, sudah ada belasan demonstran yang harus menjalani perawatan ringan karena mengalami sesak nafas hingga mengalami luka-luka di bagian pelipis mata. Mereka dilarikan ke pos medis massa aksi yang tak jauh dari lokasi demo.

Saat ini aksi #SaveKPK jilid III di Banjarmasin masih berlangsung. Ratusan demonstran masih memadati ruas jalan Lambung Mangkurat. (jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.