Dinkes Banjarmasin Usul Pembangunan Dua Puskesmas Baru Senilai Rp 20 M

0

DINAS Kesehatan Kota Banjarmasin berencana membangun dua puskesmas lagi tahun depan. Lokasinya berada di Kelurahan Mantuil, Banjarmasin Selatan dan Kelurahan Pelambuan, Banjarmasin Barat.

KEPALA Dinkes Kota Banjarmasin, Machli Riyadi bilang rencana pembangunan dua puskesmas ini akan diusulkan di APBD tahun 2022.

“Mudah-mudahan mendapat dukungan dari dewan (DPRD Kota Banjarmasin),” ungkapnya di Balai Kota Banjarmasin, belum lama ini.

BACA JUGA: Ditaksir Sedot Anggaran Rp 7 M, Kadinkes Banjarmasin Beberkan Desain Puskesmas Induk Sungai Andai

Khusus di Kelurahan Mantuil, menurut Machli keberadaan puskesmas itu sangat penting. Pasalnya, di kawasan sekitar hanya terdapat Puskesmas Pekauman.

Dan tentu warga Mantuil yang ingin berobat atau sekadar cek kesehatan, harus menempuh jarak cukup jauh ke Puskesmas Pekauman.

“Karena selama ini puskesmas Pekauman menaungi 61 ribu warga. Padahal, idealnya satu puskesmas itu hanya 30 ribu warga saja,” jelasnya.

BACA JUGA: Dikunjungi Ibnu Sina, Warga Sungai Andai Ingin Pembangunan Puskesmas Dan Jembatan Alternatif

“Kasihan mereka (warga Mantuil) harus berobat ke puskesmas Pekauman,” tambah Machli.

Lantas, berapa anggaran yang dibutuhkan untuk rencana pembangunan dua puskesmas itu? Menurut Machli, alokasi untuk satu buah gedung puskesmas saja, misalnya harus membutuhkan dana sekitar Rp 10 miliar.

“Nah, dua puskesmas sekitar Rp 20 miliar,” tutup mantan Wakil Direktur RSUD Ulin Banjarmasin ini. (jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.