Siapkan Cadangan Air Bersih, Pemkab Tanbu Bangun Embung di Desa Batulicin Irigasi

0

DEMI menyediakan cadangan air bersih saat kemarau tiba, Pemkab Tanah Bumbu membangun infrastruktur embung di Desa Batulicin Irigasi, Kecamatan Karang Bintang.

Selain sebagai cadangan, kolam penampungan itu juga bisa dimanfaatkan untuk sumber pengairan perkebunan warga setempat.

Perwakilan Desa Batulicin Irigasi, Wartono, tingkat kebutuhan air masyarakat wilayah itu sangat tinggi. “Baik air bersih untuk minum, memasak, mencuci dan mandi. Juga bagi pengairan perkebunan warga. Sehingga infrastruktur berupa embung sangat penting,” ucapnya.

BACA JUGA: Embung Dibangun, Sistem Pertanian Organik Dikembangkan di Desa Gambah Dalam

Ke depan, pemerintah desa akan mengusulkan pembangunan ruang terbuka hijau di wilayah embung, dan mengusulkannya jadi tempat agro wisata.

Sementara itu, Plt Kadis PUPR, Subhansyah mengungkap embung itu dibangun menggunakan dana APBD kabupaten senilai Rp198.800.000. Dengan lebar 30 meter dan panjang 70 meter.

“Kami berharap embung bisa dimanfaatkan masyarakat setempat secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan warga dan petani,” ujar Subhan.

BACA JUGA: Pembuatan Embung di HST, Komisi I Siap Mendukung Dalam Anggaran

Embung atau retention basin, adalah cekungan yang digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan. Serta untuk meningkatkan kualitas air di badan air sungai atau danau.

Embung hakikatnya digunakan untuk menjaga kualitas air tanah, mencegah banjir, atau berfungsi bagi pengairan, baik pertanian maupun perkebunan. (jejakrekam)

Penulis Muaz
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.