Tak Puas Dengan DPRD Kalsel, Mahasiswa di Banjarmasin Gelar Aksi #SaveKPK Jilid II

0

MAHASISWA lintas perguruan tinggi di Kota Banjarmasin kembali turun ke jalan menggelar aksi #SaveKPK pada Kamis (24/6/2021) siang.

DARI pantauan di lapangan, massa mulai memadati ruas Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin sekitar pukul 15.10 Wita. Mereka langsung dihadang oleh barikade aparat.

Demonstran lantas kesal lantaran harus kembali menggelar aksi di ruas jalan, bukan gedung DPRD Kalsel yang menjadi tujuan utama.

“Kali ini kita kembali dihalang-halangi aparat kepolisian untuk masuk ke rumah kita sendiri (gedung DPRD Kalsel),” ucap seorang demonstran di tengah aksi. Unjuk rasa kali ini merupakan lanjutan dari aksi pertama yang digelar pada Senin (21/6/2021) lalu.

BACA : Aksi Bela KPK Di Banjarmasin: Demonstran Desak DPRD Sampaikan Tuntutan Ke Jokowi

Saat itu, massa menyodorkan sejumlah tuntutan yang harus disampaikan ke Presiden Joko Widodo, satu hari pasca aksi. Itu juga harus dibarengi dengan bukti dokumentasi foto dan video.

Meski sejumlah perwakilan DPRD Kalsel telah bertolak ke Kantor Staf Presiden di Jakarta pada Selasa (22/6/2021) untuk menyampaikan tuntutan mahasiswa. Namun massa mengaku tak puas. “Kawan-kawan, kita dibohongi,” orasi seorang demonstran, di atas mobil komando.

Demonstran menilai DPRD Kalsel terkesan tak serius dalam memperjuangkan aspirasi mahasiswa. Mereka juga merasa wakil rakyat ini tak memiliki sikap yang sama dengan mahasiswa Kalsel terhadap pelemahan KPK.

Itu dilihat dari penyampaian tuntutan yang hanya sebatas menyerahkan dan membacakan dokumen tuntutan mahasiswa.

BACA JUGA : Soal KPK, Ratusan Pengunjukrasa Minta DPRD Kalsel Sampaikan 8 Tuntutan Ke Presiden

Mereka menilai tidak ada perdebatan atau adu argumentasi dengan pihak kepresidenan ataupun berusaha untuk bertemu langsung dengan Presiden Jokowi.

Massa kesal dihadang barikade aparat di ruas jalan. Sebab, menurut mereka aksi harusnya terpusat di Gedung DPRD Kalsel, bukan ruas jalan Lambung Mangkurat.

Hingga berita ini diturunkan, aksi #SaveKPK di Banjarmasin masih berlangsung. Ratusan demonstran masih memadati pusat Kota Seribu Sungai. Sementara sejumlah perwakilan DPRD Kalsel sudah hadir di tengah ratusan demonstran.(jejakrekam)

Penulis Riki
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.