Husairi Abdi

Puluhan Penghuni Rumah Singgah Banjarmasin Diberi Vaksin Covid-19

0

PROGRAM vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac di Kota Banjarmasin masih berlangsung. Selain menyasar kalangan lansia (lanjut usia) dan petugas layanan publik, vaksinasi juga ditujukan kepada kelompok berkebutuhan khusus.

KALI ini, ada sebanyak 61 penghuni Rumah Singgah Basirih Banjarmasin terdaftar mengikuti program vaksinasi Covid-19, pada Kamis (24/6/2021).

Mayoritas dari mereka sebelumnya adalah pasien di Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum. Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin Machli Riyadi, kalangan ini merupakan kelompok rentan terpapar virus corona.

“Ini harus menjadi perhatian serius juga bagi kita, karena mereka punya hak yang sama,” ucapnya.

BACA JUGA: Dilema Rumah Singgah Baiman : Overkapasitas, Penghuni Sampai Tidur Di Lantai

Lagi pula sasaran ini juga diatur oleh pemerintah pusat merupakan kelompok prioritas. Beriringan dengan kelompok tenaga kesehatan, tenaga pendidik, jurnalis dan pelaku usaha.

Khusus untuk vaksinasi pada kelompok penyandang disabilitas telah dimulai sejak 1 Juni kemarin. Kelompok masyarakat yang satu ini masuk dalam sasaran vaksinasi nasional dikarenakan masuk dalam kelompok masyarakat yang rentan.

BACA: Takut Terpapar, Orang Titipan Di Rumah Singgah Wajib Rapid Test Covid-19

Machli berkata pihaknya menargetkan sebanyak 1.000 kelompok Orang dalam Gangguan Jiwa (ODGJ). Selain di rumah singgah, tempat-tempat lain yang menampung kelompok ini nantinya juga segera disasar.

Dari sebanyak 61 orang yang terdaftar, tidak semua penyandang disabilitas fisik dan mental di Rumah Singgah Banjarmasin bisa divaksin Covid-19.

Pasalnya, beberapa diantara mereka yang mengidap gangguan jantung. Sehingga tidak boleh mendapat vaksin. (jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.