Permudah Warga Berbelanja Si TONI Masuk Pelosok Desa Hingga Perbatasan

0

PEMERINTAH Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melalui Dinas Ketahanan Pangan kembali melaksanakan kegiatan mobile Toko Tani Indonesia Keliling (Si TONI Keliling).

KALI ini, Si TONI Keliling beroperasi di gerbang pintu masuk di perbatasan Kabupaten Banjar dan Tanah Bumbu. Tepatnya di Desa Emil Baru Kecamatan Mentewe.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanbu, Nahrul Fajeri, mengatakan kegiatan Si TONI Keliling ini sebagai apresiasi arahan Bupati HM Zairullah Azhar. Tujuannya membantu perekonomian masyarakat untuk mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau.

“Dengan program si TONI Keliling ini paling tidak sedikit meringankan beban daya beli masyarakat Desa Emil Baru untuk memenuhi kebutuhan pokok,” ucap Nahrul.

BACA: Sasar Kawasan Pinggiran, Toko Tani Keliling Hadir di 12 Kecamatan se-Tanbu

Nahrul menjelaskan Desa Emil Baru merupakan desa perbatasan yang jarak tempuh ke ibukota (Batulicin) kurang lebih 97 kilometer. Jarak tempuh yang cukup jauh dari pasar, sehingga harga bahan kebutuhan pokok cukup tinggi.

Adanya Si TONI Keliling ini tentunya sangat membantu masyarakat karena bahan pokok harganya lebih murah dan terjangkau.

Bahan pokok yang dijual Si TONI diantaranya beras lokal kerjasama dengan Gapoktan PUPM Desa Salimuran. Gula Pasir kerjasama dengan Bulog, Minyak Goreng dan garam dapur kerjasama dengan distributor di Kecamatan Kusan Hilir (Pagatan).

Secara bertahap, wilayah operasi Si TONI Keliling akan menuju desa yang akses jalannya masih dalam pembenahan pemerintah daerah. Terlebih dengan desa yang jauh dari akses pasar di ibukota.

“Keberadaan Si TONI ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, karena sangat membantu dalam memperoleh bahan pokok dengan harga terjangkau,” ujar Nahrul.(jejakrekam)

Penulis Muaz
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.