Jadi Calon Tunggal di Muskot VII, Akbar Nakhodai Kadin Banjarmasin

0

DALAM rangka mendorong kreativitas, inovasi dan produktivitas dunia usaha, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kota Banjarmasin gelar Musyawarah ke VII.

SEBAGAI calon tunggal, terpilih secara aklamasi Muhammad Akbar Utomo Setiawan sebagai Ketua Kadin Kota Banjarmasin.

“Muskot kali ini kita adakan pemilihan Ketua Kadin Kota Banjarmasin dan kita sudah undang kepada anggota yang berhak memilih sesuai aturan yang berlaku, persoalan menggunakan hak pilihnya atau tidak kita kembalikan kepada masing-masing perusahaan,” tegasnya Ketua Caretaker Kadin Banjarmasin, H Edi Sucipto disela acara, Rabu (23/6/2021) di Swiss Bell Hotel Banjarmasin.

Hingga saat ini anggota Kadin Kota Banjarmasin yang tercatat ada sebanyak 77 perusahaan, Ia juga berpesan kepada yang memimpin Kadin Kota agar selalu berupaya untuk bersinergi semaksimal mungkin dengan Pemkot Banjarmasin dan Pemprov Kalsel.

BACA : Rangkul Semua Pengusaha Diberbagai Bidang, Akbar Siap Pimpin Kadin Banjarmasin

“Kita selalu mendorong bahwa organisasi Kadin merupakan partner pemerintah, agar dapat terus bersinergi untuk kemajuan daerah,” tambahnya.

Sementara itu, Akbar mengungkapkan banyak yang harus dibenahi untuk Kadin kota Banjarmasin di masa pandemi yang menyebabkan anjloknya perekonomian ini, terutama baginya yakni mengangkat sektor dari yang paling kecil dulu seperti UMKM, kemudian perlahan naik menyasar pada level perusahaan.

“Bertahan saja sudah cukup bagus, bisnis kuliner menjadi salah satu sektor yang bisa bertahan di tengah pandemi. Kita akan terus tingkatkan kerjasama dan sinergitas dengan Pemkot,” tuturnya

Dirinya juga mengaku kalau ditengah pandemi, bisnis kuliner juga mengalami penurunan cukup signifikan. Jika dihitung prosentase berkisar antara 30 persen hingga 40 persen.

“Namun, usaha kuliner masih bisa bertahan dibanding sektor-sektor yang lain, dalam Kadin Kota Banjarmasin sendiri, ada 30 persen yang menggeluti sektor UMKM,” ujarnya.

Mewakili sambutan Ketua Kadin Kalsel, M Syaripuddin selaku Wakil Ketua Bidang Ekonomi dan Kreatif Kadin Provinsi Kalsel, berharap Kadin Kota Banjarmasin harus bisa berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemkot Banjarmasin maupun Pemprov Kalsel

“Di tengah pandemi Covid-19 ini, sebagai pengusaha dituntut untuk terus berinovasi dan lebih kreatif lagi, agar bidang usaha yang digeluti teman-teman di Kadin Banjarmasin bisa berjalan dengan baik. Dan, itu juga menjadi tantangan bagi ketua Kadin terpilih nanti,” ucapnya.

Selain itu, Wakil Ketua DPRD Kalsel ini juga mengatakan, tantangan pimpinan Kadin Banjarmasin nanti harus bisa merangkul semua pengurus dan asosiasi.

“Ini tantangan bagi ketua terpilih. Karena, harus berusaha ekstra luar biasa di tengah tantangan pandemi dan lesunya ekonomi di Indonesia, khususnya di Banjarmasin dan Kalimantan Selatan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.