Husairi Abdi

DLH Banjarmasin Sesalkan Ada Logo BMD Kalsel di Pengumuman Penutupan TPS Belda

0

AKTIVITAS pembuangan sampah di tempat pembuangan sampah (TPS) di Jalan Belitung Darat (Belda), Banjarmasin Barat, tampak terhenti. Ini setelah, kawasan itu dipasang seng pembatas plus spanduk larangan.

MESKI begitu, tampak beberapa warga masih nekat membuang sampah di samping seng pembatas. Ini terlihat, masih ada tumpukan sampah rumah tangga, bahkan dalam bungkusan plastik cukup besar. Ada yang menarik, ketika dalam spandung berlatar warna kuning itu bertuliskan logo Barisan Muda Demokrat (BMD) Kalimantan Selatan berdampingan dengan logo Kayuh Baimbai, khas Pemkot Banjarmasin.

“Penutupan TPS ini atas permintaan pemilik tanah yang akan segera membangun jembatan yang menghubungkan dengan lahan kosong dijadikan kawasan kuliner di Belitung Darat,” ucap Kepala Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, Marzuki kepada jejakrekam.com, Selasa (22/6/2021).

Berdasar keterangan pemilik lahan, Marzuki mengakui penutupan TPS dengan pagar seng itu untuk dibangun jembatan dan kawasan kuliner. Akhirnya, beber dia, Pemkot Banjarmasin mau tidak maui harus menutupnya. Hasilnya, aktivitas pembuangan sampah terpaksa harus dialihkan ke tempat terdekat.

BACA : Digarap Jadi Tempat Wisata Kuliner, TPS Belitung Darat Ditutup Total

“Lokasinya terdekat di TPS depan Gedung Aula Navigasi Jalan Belitung Darat. Armada sampah pun juga dialihkan ke sana,” kata pria yang kerap disapa Zek ini.

Soal spanduk yang memasang logo BMD Kalsel bersama Pemkot Banjarmasin, Zek pun mengaku tidak tahu. Padahal, lazimnya, penutupan TPS atau pengumunan resmi hanya dikeluarkan pemerintah kota.

“Kami tak tahu ada logo BMD Kalsel. Kami tentu menyesalkan, idealnya jangan kelihatan seperti itu. Tidak elok, apalagi dikaitkan dengan kebijakan Pemkot Banjarmasin, karena mencantumkan logo resmi daerah,” cetus Zek.

Terpisah, Ketua DPD Partai Demokrat Kalimantan Selatan, Rusian membenarkan kawasan kuliner itu nantinya dikelola anak-anak muda partai tergabung dalam BMD Kalsel.

BACA JUGA : Ibnu Sina Diumumkan Berlabuh ke Partai Demokrat

“Saya rasa tidak perlu mempersoalkan soal logo Pemkot Banjarmasin dan BMD. Sebab, Walikota Banjarmasin yang akan segera dilantik, Pak Ibnu Sina merupakan pembina BMD bersama saya. Apalagi, sekarang Ibnu Sina merupakan kader Demokrat,” kata Rusian.

Mantan Ketua DPRD Banjarmasin ini menegaskan dengan ditutupnya TPS di kawasan itu, tentu akan mempercantik wajah jalan besar di ibukota Kalsel itu. Termasuk, menciptakan lapangan kerja bagi warga kota.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.