KPH Tabalong Siapkan Sederet Strategi Hadapi Ancaman Karhutla

0

KESATUAN Pengelola Hutan (KPH) Kabupaten Tabalong sudah bersiaga menghadapi adanya ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Bumi Sarabakawa.

KESIAPAN KPH Tabalong ditandai dengan kembali diaktifkannya posko siaga karhutla yang berlokasi di depan kantor KPH setempat.

Kasi Perlindungan Hutan Kabupaten Tabalong, Zainal Abidin, mengatakan pihaknya sudah mengaktifkan kembali posko karhutla ini sejak beberapa bulan yang lalu. “Posko siaga karhutla ini sudah kita aktifkan sejak bulan Maret lalu,” bebernya kepada wartawan.

Tidak hanya mengaktifkan Posko pengendalian Karhutla, Zainal juga sudah mengaktifkan tim pemantau ground check. “Tim pemantau ini yang akan memantau titik hotspot di lapangan,” ujarnya.

BACA JUGA: Musim Kemarau, Polres Balangan Ingatkan Warga Terkait Karhutla

Zainal menambahkan, tim ini juga sudah melakukan patroli ke daerah-daerah yang dianggap rawan terjadi karhutla.

Sebagai informasi untuk masyarakat terkait kondisi tingkat kerawanan karhutla, pihaknya juga sudah memasang rambu sistem peringatan bahaya kebakaran atau rambu kerawanan karhutla yang terletak di depan posko siaga karhutla.

BACA JUGA: Pernah Alami Karhutla Parah, Danrem 101/Antasari Soroti Tiga Wilayah

“Rambu ini setiap harinya akan update berdasarkan jumlah kejadian dan curah hujan yang fungsinya untuk memberikan peringatan hotspot yang ada masuk level rendah, sedang, tinggi atau bahkan rawan karhutla,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Zainal menghimbau masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar, karena bahaya yang ditimbulkan sangat tinggi. (jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.