Jembatan Sungai Solai Penghubung Teweh Selatan-Montallat Masuki Tahap Penyelesaian

0

PEMBANGUNAN jembatan Sungai Solai, yang menghubungkan Desa Pandran Permai, Kecamatan Teweh Selatan dengan Desa Sikan, Kecamatan Montallat kini sudah memasuki tahap finishing.

JEMBATAN yang dulunya dibangun hanya berkonstruksi kayu bulat, atas perintah Bupati Barito Utara, H Nadalsyah melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Barito Utara kini dibangun dengan konstruksi rangka baja.

Nadalsyah menambahkan, pembangunan jembatan nantinya bisa untuk dilewati kendaraan roda empat. Selain itu,Jembatan yang melintasi Sungai Solai dengan panjang 39 meter dan lebar 3 meter, dibangun dengan anggaran Swakelola Dinas PUPR sejak tahun 2020.

BACA: Tangani Jembatan Desa Pandran Raya, Dinas PUPR Barut Terjunkan Tim Teknis

Bupati Barito Utara, H Nadalsyah mengharapkan begitu jembatan fungsional akan semakin memudahkan warga masyarakat dalam melintasi jembatan yang saat ini hanya tahap finishing.

“Saya inginkan agar akses infrastruktur jalan dan jembatan dapat terkoneksi dengan baik antar kecamatan di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan,” kata bupati yang akrab disapa Koyem ini, Selasa (22/6/2021).

Bupati juga mengingatkan, bahwa saat ini keuangan pemerintah daerah sangat terbatas, sehingga meminta masyarakat agar bersabar. Pemerintah desa dapat mengambil tindakan inovatif untuk pembangunan infrastruktur guna kemajuan desanya.

Diharapakan, agar para Kades dapat lebih memanfaatkan sumberdaya yang ada. Melakukan komunikasi dengan pihak sekitar terutama para pengusaha/perusahaan dan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah.

Hal ini tentu dengan koordinasi yang baik, pihak Pemdes akan terbantu dalam hal-hal teknis yang diperlukan desa. Untuk infrastruktur berkoordinasi dengan Dinas PUPR Barito Utara dan permasalahan teknis lainnya tentu dengan instansi teknis yang membidangi.

BACA JUGA: Kunjungi Kantor Kementerian PUPR, Bupati Barut Sampaikan Sejumlah Usul Pembangunan Infrastruktur

Kepala Dinas PUPR Barito Utara, M Iman Topik, mengatakan saat ini jembatan masih dalam tahap pekerjaan akhir. Dan diharapkan sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Dijelaskannya, banyaknya keluhan masyarakat terkait jalan dan jembatan yang disampaikan maka pihaknya menindaklanjuti dengan membangun agar akses jangan terputus.

“Atas petunjuk Bupati Barito Utara, keluhan yang disampaikan kita tindaklanjuti sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku. Kita juga berkoordinasi dengan Pemdes setempat terkait penanganan jembatan.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.