Husairi Abdi

Jabatan Dekan FISIP ULM Berakhir Awal Juli, Empat Dosen Senior Bersaing Ketat

0

TINGGAL menghitung hari, jabatan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Prof Dr Asmu’i akan segera berakhir. Tepatnya, pada 4 Juli 2021 mendatang, masa kepemimpinan Asmu’i bersama tiga wakil dekan berakhir.

DALAM periode 2017-2021, Prof Dr Asmu’i dilantik Rektor ULM Prof Dr Sutarto Hadi bersama tiga wakil dekan pada Selasa, 4 Juli 2017 silam di Rektorat ULM Banjarmasin. Mereka yang mendampingi sang profesor adalah Wakil Dekan I FISIP ULM, Gazali Rahman, bersama dua rekannya; Apriansyah (Wakil Dekan II FISIP ULM) dan M Nur Ridwan di posisi Wakil Dekan III kampus itu.

Suksesi di tubuh kampus ini digelar untuk mencari figur pengganti Prof Asmu’i. Pihak Dekanat dan Senat FISIP ULM kabarnya telah menjaring empat kandidat. Mereka adalah Ketua Program Studi Sosiologi, Setia Budhi PhD, mantan Wakil Dekan I FISIP ULM periode 2012-2017 Irwansyah, dosen senior administrasi publik Dr Taufik Arbain dan guru besar kampus itu, Prof Dr Budi Suryadi.

Menariknya, informasi yang dihimpun jejakrekam.com, dalam seleksi administrasi, justru Prof Dr Budi Suryadi dikabarkan tidak lulus. Padahal, dalam aturannya, pemilihan calon dekan ini harus diikuti empat figur. Jadi, tersisa tiga figur, hingga kabarnya mengalami deadlock di tingkat senat kampus.

BACA : Prodi Sosiologi FISIP ULM Siap Terapkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Sebab, tersisa tiga kandidat, meski kabarnya pihak rektorat tetap menginginkan sang guru besar, Budi Suryadi tetap masuk dalam daftar nominator. Sayangnya, saat ingin dikonfirmasi jejakrekam.com, Selasa (22/6/2021), Budi Suryadi yang merupakan peneliti senior politik dan kebijakan pemerintahan ini tak menyahut.

Setali tiga uang, saat diminta pendapatnya, Setia Budhi enggan memberi komentar. Ia menyilakan jejakrekam.com untuk meminta penjelasan ke Senat FISIP ULM yang memiliki hak pilih untuk menjaring calon pimpinan kampus tertua di Kalsel ini.

Sejumlah akademisi FISIP pun meminta agar kekosongan kepemimpinan Dekan FISIP ULM ini harus segera diatasi. Ini karena, masa jabatan pejabat teras fakultas itu tinggal hitungan hari. Seorang dosen FISIP ULM yang tak ingin dikutip namanya, mengaku khawatir terancam proses pengajaran, penelitian pengabdian masyarakat, penerimaan mahasiswa baru tahun 2021.

“Juga menyangkut terhambatnya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dicanangkan Kemenristekdikti. Apalagi, FISIP ULM telah memantapkan visi menjadi kampus terkemuka dan berdaya saing di bidang ilmu sosial dan politik di kawasan timur Indonesia tahun 2025. Ini menjadi tantangan ke depan,” tutur dosen senior ini.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.