Hiswana Migas Kalsel Optimis Stok LPG 3 Kg Cukup Sambut Idul Adha

0

MENGINGAT stok saat ini cukup melimpah, Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Kalsel optimis mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan Liquified Petroleum Gas (LPG) 3 Kg hingga momen Hari Raya Idul Adha tiba.

KEYAKINAN tersebut bukan tanpa alasan, di tingkat agen hingga pangkalan diklaim berlimpah mengingat stoknya yang terus dilakukan penambahan oleh PT Pertamina sejak musibah banjir lalu.

“Kita itu tiap harinya disuplai untuk LPG 3 Kg kurang lebih mencapai 400 Metrix Ton. Ada pun kebutuhannya hanya mencapai 320 Metrix Ton. Artinya ada kelebihan sebesar 80 Metrix Ton. Makanya stoknya melimpah dipasaran,” ujar Ketua Hiswana Migas Kalsel H Saibani yang didampingi oleh Sekretaris Hiswana Migas Kalsel Muhammad Irfani, Jumat (18/6/2021).

Akibat stok yang berlimpah kini harga LPG 3 Kg hingga tingkat pengecer hanya menjadi Rp 20.000  sampai  Rp 19.000 pertabungnya. Kondisi ini tentunya sangat baik karena masyarakat bisa mendapatkan LPG 3 Kg dengan harga murah.

“Tapi kami tetap menyarankan membelinya di pangkalan saja karena sesuai HET, yaitu sebesar Rp 17.500 pertabung. Toh di pangkalan stoknya melimpah juga,” tegasnya.

Jika kondisi ini terus berlanjut, dirinya pun optimis harga dan stok LPG 3 Kg bisa dikendalikan hingga momen Hari Raya Idul Adha tiba. Namun dengan catatan kondisi infrasturktur jalan di Provinsi Kalsel aman dan nyaman untuk dilalui.

“Jadi kita minta pemerintah untuk tanggap terhadap perbaikan jalan, khususnya di jalan Gubenur Syarkawi. Karena jalan ini sangat penting untuk akses jalannya truk pembawa LPG 3 Kg menyuplai keluar daerah selain Kota Banjarmasin,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.