Husairi Abdi

Bangga Buatan Indonesia, KPwBI Kalsel Gelar UMKM Karya Kreatif Banua

0

KANTOR Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan gelar pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Karya Kreatif Banua dengan memperhatikan prokes.

BERTEMPAT di komplek perkantoran Gubernur Kalsel, Kamis (17/6/2021) juga untuk ikut menyemarakkan kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI) yang saat ini sedang berlangsung di Puncak Waringin, Labuan Bajo,Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

“UMKM memiliki ketahanan ekonomi yang tinggi dan mampu menjadi penopang bagi stabilitas sistem keuangan dan perekonomian, BI memiliki berbagai program kerja dalam mengembangkan UMKM. Peningkatan akses keuangan, program pengembangan UMKM naik kelas, onboarding UMKM, hingga fasilitasi pemasaran dalam dan luar negeri. Untuk itu perlu dukungan berbagai stakeholders terhadap sektor UMKM sangat penting, terutama dalam situasi pandemi,” ucap Kepala KPw BI Kalsel, Amanlison Sembiring.

Sektor UMKM dinilainya sangat strategis bagi perekonomian nasional. Data terakhir dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) menunjukkan, pada tahun 2018 Indonesia memiliki 64,1 juta usaha atau sekitar 99,99 persen dari total pelaku usaha di Indonesia, sektor UMKM menyerap tenaga kerja yang luas.

“Serapan sektor UMKM ada sekitar 117 juta tenaga kerja dan berkontribusi terhadap 61,07 persen dari Produk Domestik Bruto,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama program magang pendampingan pencatatan UMKM menggunakan Sistem Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SIAPIK) antara Bank Indonesia dengan FEB Universitas Lambung Mangkurat.

“Kerjasama tersebut terkait program pemberdayaan mahasiswa dalam pendampingan penyusunan pencatatan laporan keuangan UMKM, juga sebagai bentuk dukungan terhadap peningkatan akses pembiayaan dan pengembangan manajemen keuangan UMKM,” tambahnya.

Sebagai informasi, selain kegiatan pameran tersebut juga akan dirangkai dengan capacity building berupa peningkatan literasi keuangan dan sosialisasi program ekspor dengan menggandeng Shopee International Indonesia sebagai narasumber.

Kegiatan juga dihadiri, Pj Gubernur Prov Kalsel, Dr. Safrizal Z.A, M.Si, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Regional IX Kalimantan, Riza Aulia Ibrahim, Rektor Universitas Lambung Mangkurat, Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc, Kepala SKPD Prov Kalsel, Ketua Dekranasda Prov Kalsel, serta Pimpinan Wilayah Perbankan Prov Kalsel, dan para Pelaku UMKM Kalsel.

Amanlison berharap agar kolaborasi antara BI Kalsel dengan Pemprov Kalsel dan berbagai stakeholder terkait lainnya dalam memberikan manfaat bagi kemajuan UMKM dan perekonomian daerah Kalsel terus berlangsung.

“Semoga ekonomi kita kembali membaik dan meningkat, kami  mengucapkan  terima  kasih  atas dukungan Pj. Gubernur serta hadirin dari berbagai instansi dan lembaga terkait yang telah ikut mensukseskan penyelenggaraan kegiatan ini,” pungkas Amanlison Sembiring.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.