Safriati Anjurkan Sinergi dan Kolaborasi Pemkab dengan TP PKK untuk Tangani Stunting di HSU

0

PENJABAT Ketua PKK Provinsi Kalimantan Selatan, Safriati Safrizal ZA kunjungi lokasi khusus stunting, di Desa Jingah Bujur, Kecamatan Haur Gading, Kamis (10/6/2021).

SAFRIATI mengatakan strategi dalam penanganan stunting, diantaranya melalui makanan yang bergizi, kampanye cegah stunting serta pencegahan pernikahan usia anak.

Pentingnya memperhatikan asupan makanan bergizi bagi ibu hamil, bayi dan balita, terutama dalam 1.000 hari pertama kehidupan.

BACA: Pj Ketua PKK Bagikan 1.000 Masker Di Pasar Subuh Amuntai

Menurutnya, masalah kekurangan gizi adalah masalah sangat kompleks di masyarakat, sehingga membutuhkan peran lintas sektor termasuk TP-PKK.

Safriati juga mengatakan, aspek promotif berupa sosialisasi bagi ibu hamil dan keluarga untuk meningkatkan pemahaman mencegah stunting.

Sosialiasi mengenai hal ini dilakukan dengan melibatkan PKK, tokoh agama, tokoh masyarakat, RT dan RW serta kader PKK sendiri. “Sinergi dan kolaborasi tidak bisa ditinggalkan,” katanya.

PKK Kalsel juga mengapresiasi peran Pemkab HSU dalam menangani stunting.

BACA JUGA: Kunjungi Tanah Bumbu, Safriati Edukasi Anak PAUD Percaya Diri

Sebelumya Ketua PKK Kabupaten HSU Hj Anisah Rasyidah mengatakan, pada tahun 2013 daerahnya termasuk 100 daerah yang menjadi fokus penanganan stunting secara nasional.

“2013 angka stunting mencapai 56 persen menjadi cambuk bagi kami untuk berbenah menanganinya,” katanya.

Dikatakannya, untuk menindaklanjuti itu, maka dibuat Peraturan Bupati untuk mengatur cara kesehatan ibu dan anak bisa terlayani ditingkat layanan dasar, perilaku PHBS, serta membentuk tim penanganan stunting.

Disampaikannya, segala upaya yang dilakukan angka stunting Kabupaten Hulu Sungai Utara tahun demi tahun terus menurun, hingga 2020 sekitar 20,51 persen.(jejakrekam)

Penulis asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.