Komisi II DPRD Kalsel Tinjau Cadangan Pangan Pemkab Tabalong

0

KOMISI II DPRD Kalsel melakukan kunjungan kerja ke Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tabalong dalam rangka monitoring program kegiatan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD), Senin (7/6/2021).

CADANGAN pangan merupakan persediaan bahan pokok yang disimpan oleh pemerintah dan masyarakat, yang dapat dimobilisasi secara cepat untuk keperluan konsumsi maupun keadaan darurat dan antisipasi terjadinya gejolak harga.

Anggota Komisi II DPRD Kalsel H Haryanto mengungkapkan,  bahwa monitoring yang dilaksanakan adalah untuk menindak lanjuti tentang pengelolaan dan penyaluran cadangan pangan Pemerintah Kabupaten Tabalong.

“Cadangan pangan dimaksudkan meningkatkan penyediaan pangan bagi mayarakat yang mengalami keadaan darurat dan kerawanan pangan seperti dampak covid 19 maupun kerawanan akibat bencana alam seperti banjir yang belum lama tadi terjadi,” kaanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel Dr. Ir. H. Suparno, MP,  merasa salut dan mengapresiasi Pemkab Tabalong yang sudah memiliki gudang stok persediaan beras (gudang cadangan pangan sendiri) yang selalu bisa mencukupi kebutuhan pangan di Tabalong karena sangat penting untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19 maupun bencana alam seperti banjir.

“Setelah disalurkan, CPPD harus dikembalikan (dianggarkan-red) lagi. CPPD itu harus cukup, minimal untuk 3 bulan ke depan”, tegas Suparno.

Rombongan Komisi II diterima oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP)  Kabupaten Tabalong Norzain A. Yani, beserta jajarannya.  Norzain mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada rombongan Komisi II DPRD Kalsel. “Kami mengucapkan Terima kasih dan selamat datang di Kabupaten Tabalong,” ucapnya.

Norzain berharap, dengan datangnya rombongan Komisi II di Tabalong dapat mempererat tali silaturrahmi.”Jalin komunikasi dan ciptakan iklim harmonis antar daerah,” ujarnya lagi.

Dari hasil monitoring diketahui bahwa penyelenggaraan cadangan pangan pemerintah daerah yang di lakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tabalong telah sesuai ketentuan dan memenuhi batas minimal yang ditetapkan pemerintah pusat sebanyak 100 ton lebih.(jejakrekam)

Penulis Sar/Humas DPRD Kalsel
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.