Belajar Tentang Bansos Kematian, Pemkab Tanbu Kunjungi Pemkab Balangan

0

ROMBONGAN Pemkab Tanah Bumbu yang dikomandoi langsung Wakil Bupati HM Rusli melakukan Studi Tiru tentang Bantuan Sosial Kematian bagi Keluarga Miskin yang sudah di laksanakan di Kabupaten Balangan.

BERTEMPAT di Aula Benteng Tundakan Pemkab Balangan, rombongan langsung disambut bersahabat Bupati Balangan H Abdul Hadi didampingi Wakil Bupati Balangan H. Supiani beserta segenap jajaran pejabat Pemkab Balangan.

Wakil Bupati Balangan H Supiani menyampaikan bantuan sosial kematian untuk warga Balangan akan langsung diberikan kepada ahli waris dengan syarat si ahli waris dan aparat desa harus melaporkan kematian anggota keluarganya.

“Bisa dicairkan 1 x 24 jam dengan catatan seperti tadi, kalau dulu seminggu, kadang sebulan, bahkan bisa lebih. Namun sekarang karena sistemnya sudah diperbaiki bisa lebih cepat,” terang wabup.

Orang nomor dua di Bumi Sanggam ini juga menyampaikan bahwa bantuan selama Tahun 2021 ini Dinas Sosial sudah membayarkan lebih dari 500 jiwa.

Sementara, santuan kematian untuk warga Tanah Bumbu disalurkan melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkab Tanah Bumbu, jadi ada perbedaan instansi yang menyalurkannnya.

“Menyangkut masalah pelayanan masyrakat, kami ingin bagaimana santunan kematian untuk warga ini bisa terlayani dengan prima.

Kebetulan di Pemkab Balangan penyalurannya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat yang mengalami musibah, untuk itu kami datang ke Psmkab Balangan untuk belajar,” tandas Wabup Tanbu HM  Rusli.

Kendati demikian, M Rusli menyatakan bahwa Pemkab Tanbu siap melaksanakan apa yang telah dikaji di Pemkab Balangan.

“Karena ini sangat membantu warga yang lagi kena musibah, tidak semua masyarakat itu mampu apalagi dalam keadaan mendadak demikian, disini lah peran pemerintah untuk membantu warganya,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.