Tinjau PSU Pilgub Kalsel, Bawaslu RI Belum Ada Terima Laporan “Serangan Fajar”

0

AGENDA pemungutan suara ulang (PSU) Pilgub Kalsel mendapatkan perhatian khusus dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI.

KOMISIONER Bawaslu RI didampingi jajaran lainnya meninjau pelaksanaan PSU di TPS 07, Kelurahan Pemurus Dalam, Kecamatan Banjarmasin Selatan, pada Rabu (9/6/2021).

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Abhan menyatakan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur Kalimantan Selatan (Pilgub Kalsel) Tahun 2020, menyusul putusan Mahkamah Konstitusi (MK), berjalan dengan lancar dan kondusif.

“Berdasarkan supervisi kami Bawaslu RI melihat dan menyaksikan langsung di lapangan di beberapa tempat pemungutan suara, bisa dikatakan berjalan lancar dan kondusif,” ujar Abhan.

BACA JUGA: Update PSU Pilgub Kalsel: BirinMu Dominasi Versi SiRekap, H2D Jadi Unggulan Di Pemurus Dalam

Sementara itu, Koordinator Penanganan Pelanggaran Bawaslu RI Ratna Dewi mengecek seluruh prosedur pencoblosan di TPS 07, mulai dari absensi kehadiran, syarat pemilih hingga protokol kesehatan.

Kedatangan Ratna Dewi juga untuk memastikan tak adanya tindak kecurangan yang terjadi selama pencoblosan ulang hingga perhitungan suara dan hak pemilih terlayani.

BACA JUGA: H-1 PSU, Warga Ramai-ramai Urus KTP di Kecamatan Banjarmasin Selatan

Dia mengungkapkan, berdasarkan hasil pemantauan pihaknya dari Selasa malam hingga hari pencoblosan tak didapati adanya tindak kecurangan dan laporan politik uang. Dia mengajak semua pihak terus menjaga kondusifitas PSU agar terlaksana aman, lancar dan damai.

“Alhamdulillah sampai tadi malam tidak ada laporan yang kita kenal dengan ‘serangan fajar’ ya. Mudah-mudahan ini menjadi bagian kedewasaan demokrasi berpolitik di Kalimantan Selatan. Kita doakan semuanya hari ini juga berjalan dengan baik,” pungkasnya. (jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.