Isu Negatif Tak Berpengaruh, Indikator Politik Sebut BirinMu Unggul Telak di PSU

0

PEMUNGUTAN suara ulang (PSU) pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) Kalimantan Selatan yang digelar di 827 tempat pemungutan suara (TPS) secara serentak, telah bisa disaksikan siapa pemenangnya.

BERDASAR hasil hitung cepat (quick count) Indikator Politik Indonesia menyebut pasangan calon (paslon) petahana, Sahbirin Noor bersama Muhidin lebih unggul dibandingkan kubu penantangnya, Denny Indrayana-Difriadi Darjat (H2D) dalam coblosan ulang, Rabu (9/6/2021).

Divisi Komunikasi dan Media Indikator Politik Indonesia Fauny Hidayat mengungkap berdasar hitung cepat yang dilakoni lembaganya, paslon nomor urut 1 (BirinMu) unggul telak dibanding paslon nomor 2 H2D.

“Data yang masuk sudah 100 persen sekarang, sementara ini hasilnya paslon 01 Birin-Muhidin sudah 66,98 persen, kemudian hasil perolehan suara paslon H2D hanya sebesar 33,02 persen,” ujar Fauny saat dihubungi jejakrekam.com, Senin (9/8/2021).

BACA : Kubu H2D Bersiap Bawa Hasil PSU Pilgub Kalsel ke MK

Fauny menyebut metode yang diambil stratified-cluster random sampling, dengan margin of error’ 1,42 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Dia menambahkan secara keseluruhan paslon incumbent Birin-Muhidin meraih total 51,11 persen berbanding paslon H2D 48,89 persen.

“Tingkat partisipasi pemilih di PSU melonjak tajam, terutama di kantong-kantong suara paslon Birin-Muhidin. Partisipasi suara berkisaran 70 persen,” ucap Fauny.

Dia mengatakan tingginya partisipasi suara ini disebabkan pilihan masyarakat sudah mantap untuk menyalurkan hak pilihnya di PSU. Di sisi lain, PSU ini digelar di basis suara paslon petahana yang sebelumnya dianulir Mahkamah Konstitusi (MK).

“Dengan begitu, isu negatif yang disasar terhadap paslon petahana ternyata tidak berpengaruh signifikan. Nyatanya (isu negatif) tidak berpengaruh terhadap pilihan masyarakat kepada paslon 01, Birin-Muhidin,” tandas Fauny.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.