Fasilitas Ekowisata Air Terjun Haratai Terus Dilengkapi Pemkab HSS

0

PENERAPAN protokol kesehatan (prokes) Covid-19 jadi perhatian Bupati Hulu Sungai Selatan Achmad Fikry, ketika meninjau lokasi kawasan ekowisata air terjun Haratai, Kecamatan Loksado, Rabu (9/6/2021).

“TEMPAT wisata Haratai, sekarang sangat bagus sekali. Untuk fasilitas bertambah lengkap dan suasana di sini sangat adem dan nyaman,” ujrar Bupati Achmad Fikry didampingi Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad di Desa Haratai.

Ia menjelaskan pengembangan destinasi wisata Haratai tak lepas dari bantuan Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel. Itu ketika dinas itu dipimpin Hanif Faisol Nurrofiq yang kini menjabat di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta.

“Pak Hanif punya peran besar untuk memajukan wisata di Haratai ini menjadi duta wisata unggulan Provinsi Kalimantan Selatan dengan keaslian alam dan kehidupan masyarakat Dayak,” ucapnya.

Senada itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten HSS, HM K Saputra  menjelaskan kawasan wisata Haratai telah dibuka sejak dua pekan lalu. Diawali dengan soft opening yang dihadiri Bupati HSS agar membuka secara resmi dan turut gencar mempromosikan, sehingga menarik minat wisatawan.

BACA : Praktik Tambang Ilegal Diduga Cemari Sungai Mangkauk, DLH Kalsel Terjun Ambil Sampel Air

 “Untuk fasilitas yang tersedia di Haratai, selain air terjun, kami sediakan juga gazebo tempat untuk bersantai, spot foto dan lasmin (warung) yang menyuguhkan kuliner khas HSS,” tutur Saputra.

Mengenai penerapan prokes Covid-19, Saputra menegaskan cukup ketat diberlakukan. Dari mulai pintu gerbang, para pengunjung sudah dicek suhunya.

“Tiap objek wisata di Haratai tersedia pengelola protokol kesehatan yang penerapannya cukup ketat. Bahkan, tak hanya di Haratai, di kawasan Tanuhi juga kami terapkan, sesuai arahan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif agar membuka objek wisata bagi umum dengan tetap menerapkan prokes,” ucapnya.(jejakrekam)

Penulis Iwan Sanusi
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.