Tambah Berdenyut, Banjarbaru Rencanakan Pusat Jajanan Kuliner di Kampung Pelangi

0

BERBAGAI inovasi terus digebrak Walikota Banjarbaru HM Aditya Mufti Arifin bersama Wakil Walikota Wartono. Saat ini, rencana pembangunan pusat jajanan kuliner di kawasan Kampung Pelangi, segera direalisasikan.

KAMPUNG Pelangi merupakan kawasan bantaran Sungai Kemuning di Kelurahan Guntung Paikat, Kecamatan Banjarbaru Selatan. Sebelumnya, kawasan ini tergolong kumuh, namun wajahnya kini telah ditata rapi.

Ciri khas kampun gini terlihat dengan adanya pedestrian dilengkapi tempat duduk di bawah pepohonan rindang. Bahkan, kawasan ini juga dihiasi lampu kerlap-kerlip, makin memperindah bangunan yang dicat warna-warni sebagai kawasan destinasi wisata tematik di Banjarbaru.

“Kampung Pelangi merupakan salah satu titik di Banjarbaru yang memiliki segudang potensi. Sayangnya, menurut pengamatan kami, potensi-potensi tersebut tidak termanfaatkan dengan maksimal. Sehingga tidak memberi dampak ekonomi yang maksimal pula bagi masyarakat sekitar,” beber Walikota Banjarbaru, HM Aditya Mufti Ariffin.

Sebagai contoh, beber Ovie-sapaan akrabnya, Kampung Pelangi dengan kawasan siring sungai dan keindahan warna-warninya, selama ini hanya menjadi tempat berkunjung, berfoto-foto, dan selesai tanpa meninggalkan nilai ekonomis bagi warga sekitar.

BACA : Diterjang Luapan Air Hujan Siring Sungai Kemuning Jebol, DPRD Banjarbaru Wanti-Wanti SKPD

“Nah, sekarang akan kita bangunkan satu titik  sebagai pusat jajanan kuliner di kawasan tersebut. Dengan adanya kawasan ini,  setidaknya, warga atau wisatawan yang datang ke Kampung Pelangi, ada meninggalkan sesuatu. Minimal berbelanja makan minum di situ,” ungkap mantan anggota DPR RI ini.

Menurut Ovie, syukur-syukur, apabila ke depan bisa diciptakan souvenir-souvenir khas Kampung Pelangi yang memiliki nilai jual, sehingga ramai dibeli oleh para pengunjung.

“Pengelolaan kawasan ini full akan kami serahkan kepada Karang Taruna dan warga setempat. Sehingga, manfaatnya pun akan dirasakan penuh oleh warga masyarakat pula,” cetus Ovie lagi.

Sosialisasi rencana ini dilakukan Staf Pribadi Walikota Banjarbaru, Khairil Anwar dengan menggelar rapat koordinasi bersama Lurah, Babinsa, dan Babinkamtibmas Kelurahan Guntung Paikat, serta dengan pengurus Karang Taruna Kampung Pelangi di Kantor Lurah Guntung Paikat, Senin (7/6/2021).

BACA JUGA : Malam-Malam Ramadhan Terakhir, Banjarbaru Kini Semarak Bertabur Cahaya Lampion

Terkait progres pembangunan kawasan ini, Khairil Anwar menerangkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan unsur-unsur terkait.

“Alhamdulillah, seluruh pihak mendukung dan merespon positif rencana ini. Insya Allah, mohon do’a agar rencana pembangunan ini berjalan lancar sesuai yang kita harapkan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kampung Pelangi Farid Maulana menyambut gembira rencana tersebut. Ia mengatakan berterima dengan Walikota HM Aditya Mufti Ariffin bersama jajarannya.

“Kami siap untuk menyukseskan program ini. Karena kebetulan, sebagian besar warga kami juga memang pedagang makanan minuman. Jadi sangat cocok,” ujar Farid, didampingi Lurah Guntung Paikat, Tamsin.(jejakrekam)

Penulis Rahm Arza
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.