Masa Transisi LPJK, Anggota Intakindo Akui Sulit Urus SKA Tahun 2021

0

PEMBUBARAN Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LJPK) di tingkat provinsi, yang kini hanya terpusat di Jakarta, ternyata berpengaruh terhadap para pelaku jasa konstruksi.

KONDISI ini diakui Ketua DPP Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Intakindo) Kalsel, Nanda Febryan Pratamajaya dalam pertemuan profesi dan silaturahmi dibarengi dengan sosialisasi PPKB online dan outlook sertifikasi tenaga ahli konstruksi di Hotel Mercure, Banjarmasin, Sabtu (5/6/2021). Pertemuan ini juga dihadiri Walikota Banjarmasin terpilih Ibnu Sina.

Menurut Nanda, soal sertifikasi tenaga ahli konstruksi di masa transaksi LPJK 2021, memang tidak sedikit anggota organisasinya mengalami kesulitan. Terutama, untuk memperoleh sertifikat keahlian kerja (SKA) tahun 2021.

“Sebenarnya, bukan hanya di asosiasi Intakindo saja, tapi juga dialami asosiasi profesi lainnya yang ada di negara ini,” ucap Nanda.

Untuk itu, planolog muda ini berharap agar pemerintah pusat khususnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) bisa segera merespon apa yang menjadi kendala bagi para praktisi atau pekerja jasa konstruksi di Indonesia.

BACA : Surati Pimpinan DPR RI, LPJKP se-Indonesia Gugat Permen PUPR ke Mahkamah Agung

Dalam acara itu juga diserahkan penghargaan dari Pemkot Banjarmasin kepada 17 anggota Tim Teknis Perencanaan Prototipe JBG (Jembatan Bangunan Gedung). Penghargaan ini diserahkan Walikota Banjarmasin terpilih, Ibnu Sina.

Nanda pun menegaskan Intakindo sebagai bagian dari organisasi profesi tentu harus menajamkan peran strategi dan darma bakti kepada pengembangan organisasi profesi konsultan. “Ini jelas termaktub dalam Pasal 20 Anggaran Dasar Intakindo,” tegas Nanda.

Mayoritas anggota Intakindo Kalsel pun sepakat untuk mengangkat Ibnu Sina, Walikota Banjarmasin terpilih sebagai anggota kehormatan sekaligus Dewan Penasihat Intakindo Kalsel. Nanda berharap komitmen bersama dalam menjalankan visi-misi organisasi khususnya pembinaan kompetensi anggota, agar Intakindo semakin berkontribusi bagi pembangunan infrastruktur di Kalsel.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.