Hari Lahir Pancasila, Jokowi Gunakan Pakaian Adat Kalsel

0

PRESIDEN Joko Widodo menjadi Inspektur Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, Selasa (1/6/2021).

MENARIKNYA pada peringatan Hari Lahir Pancasila ini, Kepala Negara mengenakan pakaian adat dari Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan.

Baju adat dengan jas bewarna hitam dengan ornamen emas serta kain tenun bewarna hijau menghias laung penutup kepala.

Sekretaris Daerah Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar yang mengikuti secara daring mengaku terkesima pakaian adat yang dikenakan Presiden Joko Widodo.

BACA: Joko Widodo Tekankan Percepatan Realisasi Belanja Pemerintah

Sekda Roy mengatakan, Presiden Joko Widodo mengenakan baju adat Kalsel itu sebagai simbol kecintaan orang nomor satu di Republik Indonesia kepada Banua.

Disampaikan Roy, Presiden Joko Widodo bukan kali pertama kenakan baju adat dari Provinsi Kalimantan Selatan. “Bapak Presiden juga pernah kenakan baju adat dari Kalsel pada momen HUT ke 72 Kemerdekaan Republik Indonesia,” katanya.

Dalam sambutannya, Kepala Negara mengatakan, Peringatan Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai yang ada di dalamnya. Utamanya dalam penerapan di kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia berdiri, tantangan yang dihadapi Pancasila tidak ringan,” tutur Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan dari Istana Kepresidenan Bogor.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.