Dinas Pertanian Barut, Terus Berupaya Capai Swasembada Daging

0

POTENSI dan peluang usaha dibidang peternakan sangat menjanjikan. Apabila petani menekuni dengan baik dan bersungguh-sungguh, maka dan dapat menjadi sumber penghidupan yang baik.

DENGAN didukung sumberdaya lahan yang sangat luas, cocok untuk lokasi pengembangbiakan usaha ternak. Saat ini untuk memenuhi permintaan akan kebutuhan daging dan telur, masih disuplay sebagian dari provinsi tetangga, seperti Kalimantan Selatan.

Kepala Dinas Pertanian Barut, Ir Syahmiludin, Selasa (1/6/2021) mengatakan, sudah menjadi tugas dan tantangan bersama untuk mewujudkan swasembada daging dan telur.

BACA: Terapkan Kawin Suntik, Populasi Sapi di Barito Utara Melonjak

Hal tersebut juga harus didukung kesungguhan dan komitmen bersama dalam mewujudkannya. Apalagi tersedianya sarana dan lahan serta anggaran yang sudah dikucurkan, khususnya bagi peternak di sembilan kecamatan.

Saat ini kata Syahmiludin, ada beberapa kelompok tani yang mendapat bantuan dari pemerintah untuk memelihara sapi. Lokasinya juga tersebar di setiap kecamatan, bahkan saat ini tingkat keberhasilan lebih baik.

Sesuai dengan komitmen untuk meningkatkan pendapatan para petani harus ada upaya yang dilakukan, baik untuk pemeliharan, perawatan dan juga pengendalian.

Saat ini kata dia, untuk kebutuhan daging memang masih belum mencukupi yang ada di daerah,akan tetapi berapa tahun mendatang tidak mustahil sudah mampu mencukupi.

“Dengan komitmen awal kita terus berupaya meningkatkan pertumbuhan peternakan, baik sapi, kambing dan juga telur ayam buras,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.