Ketua TP PKK Turun Langsung Identifikasi Masalah Sosial di Balangan

0

MENDEDIKASIKAN diri berkhidmat untuk mengabdi pada masyarakat, isteri dari Bupati Balangan, Sri Huriyati Abdul Hadi, rajin turun ke masyarakat di waktu-waktu luang di luar kedinasannya.

BUNDA Sri begitu ia akrab disapa, setelah beberapa waktu kemarin menemukan orang depresi yang terpaksa harus dipasung, kini Rabu (26/05), ia kembali melakukan blusukan bersama Sahabat Balangan Center (SBC) dan Komunitas Wartawan Sanggam (KOWAS), menyambangi Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) yang terpaksa dipasung dalam keterbatasan dengan menggunakan rantai demi keamanan bersama, di Desa Batu Merah, Kecamatan Lampihong.

Sekitar satu tahun terakhir, Romansyah terpaksa dipasung (diikat) menggunakan rantai dan ditempatkan  di ruangan paling belakang rumahnya. Pasien ODGJ tampak pasrah meski sesekali berontak dan membuat tangannya bengkak karena rantai pasungan.

“Setahun lebih sudah ia terbelenggu oleh rantai, dikarenakan pernah beberapa kali mencoba menyerang bahkan merusak serta ingin membakar rumah tetangganya.

Ia sempat beberapa kali pula dibawa ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum, namun dipulangkan karena ketika berada di RSJ, ia berperilaku baik seperti normal, sehingga pihak RSJ memulangkannya,” jelas Rusidah orang tua dari Rumansyah.

Pada kesempatan ini, Bunda Sri menemui secara langsung pasien ODGJ tersebut, ia sangat berempati kepada pasien dan keluarganya ini.

“Tentunya kita sangat berempati dengan pasien terlebih keluarga nya, yang merawat setiap harinya,” ungkap Bunda Sri.

Sebelumnya, istri orang nomor satu di Kabupaten Balangan ini juga melakukan blusukan di daerah kecamatan Halong, dan juga mengunjungi pasien yang ODGJ.

“Sebenarnya kegiatan seperti ini sudah lama kita lakukan bersama SBC dan setelah menjadi seorang Ibu Bupati Balangan, bukan berarti menghalangi langkah kita untuk tetap turun langsung ke masyarakat, seperti lansia, anak yatim piatu dan ODGJ, serta warga yang patut dibantu lainnya, guna membantu dan mendengarkan keluh kesah mereka selama ini,” sebut Ketua TP PKK Kabupaten Balangan ini.

Dilanjutkan olehnya,  saat berada disana, dengan melihat langsung keadaan serta situasi secara langsung, selanjutnya pihaknya bisa memastikan upaya dan solusi apa yang akan kita berikan kepada mereka.

“Kegiatan hal seperti ini, memang tidak terjadwal khusus, namun ketika mendengar ada laporan dari masyarakat melalui SBC atau KOWAS, ia akan menindak lanjuti dengan cepat,” pungkasnya.

Ke depannya ia berharap, bisa ada banyak waktu untuk terus turun langsung memastikan keadaan orang-orang yang memang membutuhkan baik itu keadaan lansia, anak yatim-piatu, kaum dhuafa maupun ODGJ.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.