Bupati Abdul Hadi Ingatkan Pemerintah Desa Harus Selaras Dengan Kabupaten

0

BUPATI Balangan, Abdul Hadi pimpin apel kepala desa, pj. Kepala desa dan lurah se-Kabupaten Balangan, bertempat di Halaman Kantor Bupati, belum lama tadi.

DALAM sambutannya, Abdul Hadi menyampaikan pemerintah daerah dan pemerintah desa harus berkolaborasi dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Balangan, dengan memaksimalkan potensi yang ada.

Abdul Hadi juga memaparkan beberapa kebijakan dan langkah strategis dalam menyelaraskan perencanaan pembangunan pemerintah desa dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Balangan.

Diantaranya, proses asistensi Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) dan evaluasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) akan dilakukan oleh tim yang dibentuk di tingkat kabupaten.

Kemudian untuk perencanaan pembangunan, Abdul Hadi menegaskan perencanaan desa tidak boleh berjalan sendiri-sendiri.

Selanjutnya untuk penggunaan dana desa perlu perubahan mindest, perlu diarahkan untuk meningkatkan ekonomi melalui pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Mengembangkan wisata alam, seni dan budaya, serta mewujudkan ketahanan pangan dengan membuka usaha disektor pertanian, hortikultura, peternakan ataupun perikanan, sesuai dengan potensi desa masing-masing,” ucapnya.

Ditemui usai apel, Abdul Hadi bersyukur dengan terlaksananya kegiatan ini.

“Alhamdulillah tadi sudah dilaksanakan apel bersama dengan seluruh kepala desa, pj. Kepala desa dan lurah se-Kabupaten Balangan,” ucapnya.

Abdul Hadi mengatakan, dalam rangka mempercepat pembangunan, diperlukan adanya kesamaan persepsi antara pemerintah daerah dan pemerintah desa.

Abdul Hadi juga menyarankan agar pemerintah desa dalam penanganan dan penggunaan dana desa harus teliti dan berhati-hati. Pekerjaan dilaksanakan sesuai prosedur, dengan memperhatikan manajemen kerja.

“Fungsi manajemen, disana ada perangkat desa, jangan one man show, tampil sendiri, tidak memerankan perangkat yang ada.” Ucapnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.