Jelang PSU, Kubu H2D Optimalkan Peran Satgas Pemberantasan Politik Uang

0

KUBU Haji Denny Indrayana-Haji Difriadi (H2D) bakal mengoptimalkan peran satuan tugas pemberantasan politik uang jelang pemungutan suara ulang (PSU) Pilgub Kalsel, 9 Juni 2021 mendatang.

SATGAS pemberatasan politik uang ini merupakan bentukan internal H2D. Kata Denny Indrayana, pihaknya mengoptimalkan peran-peran mereka menjelang pencoblosan dan hingga hari pelaksanaan PSU.

“H2D telah menyiapkan banyak satuan tugas pemberantasan politik uang dan saksi-saksi yang akan hadir di TPS pada tanggal 9 Juni nanti,” ujar Denny dalam keterangan resmi yang diterima jejakrekam.com, Minggu (30/5/2021).

BACA JUGA: Pakar Hukum ULM Sebut Politik Uang Bisa Dipakai Bayar Pemilih Agar Tak Mencoblos Ke TPS

Denny bilang, H2D tentu mendorong semua pihak termasuk penyelenggara untuk bersikap netral dan profesional, mendorong pasangan calon lain untuk tidak melakukan praktik politik uang ataupun kecurangan dalam bentuk apapun.

“Meskipun demikian, H2D juga melihat adanya potensi politik uang dan kecurangan yang harus diantisipasi. Oleh karenanya, H2D akan mengoptimalkan penjagaan-penjagaan mulai beberapa hari menjelang pencoblosan, mendirikan posko-posko penjagaan agar tidak terjadi politik uang,” tegasnya.

BACA JUGA: Tolak Politik Uang, Habib Banua Minta Semua Pihak Aktif Terlibat Awasi Penyelenggaraan PSU

Dalam tugasnya, tim satgas yang diterjunkan sendiri memiliki tugas utama untuk menyosialisasikan prinsip pemilu jujur dan adil tanpa politik uang dan kecurangan kepada masyarakat.

Selanjutnya, tim juga diminta endorong seluruh masyarakat untuk hadir dan ikut mengawasi jalannya proses Pilgub Kalsel serta mendokumentasikan bila menemukan adanya kecurangan untuk kemudian melaporkannya kepada aparat berwenang dan atau bisa kepada tim pemenangan H2D.

Selain itu, tim bakal mencermati Daftar Pemilih, utamanya terhadap Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Pindahan (DPPh), suara-suara yang dinyatakan tidak sah, dan sejumlah potensi kecurangan lainnya.

Di satu sisi, Denny bilang bahwa pihaknya mengajak agar para pemilih tetap bersikap tenang, tidak terpancing dengan berbagai dinamika yang terjadi di lapangan, serta meredam emosi jelang PSU Pilgub Kalsel 2021. (jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.