Tim Pencegahan Stunting Kalsel Datangi Tanah Bumbu

0

TIM Konvergensi Percepatan Pencegahan Stunting (KP2S) Provinsi Kalimantan Selatan melakukan kunjungan lapangan, di Kabupaten Tanah Bumbu.

TERKAIT penilaian kinerja KP2S Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2021, dan pembinaan konvergensi percepatan penurunan stunting.

Sebelum kunjungan lapangan, Tim KP2S Kalsel diterima oleh Tim KP2S Tanbu di Kantor Bupati Tanah Bumbu, Kamis (27/05/2021).

BACA: Di Kalsel, Angka Stunting Kabupaten HSU dan Tanbu Berada di Posisi Teratas

Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar, secara virtual saat menerima kunjungan Tim KP2S Kalsel menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim KP2S Kalsel di Bumi Bersujud.

Bupati Zairullah mengatakan dalam rangka peningkatan sumber daya manusia maka Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu komitmen melakukan upaya percepatan penurunan angka stunting.

Dengan melaksanakan berbagai upaya konvergensi stunting bersama unsur-unsur yang ada, baik pemerintah maupun swasta mulai ditingkat kabupaten sampai desa. Tidak Lain demi terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas, produktif, dan berahlak mulia.

BACA JUGA: Dinkes Tanbu Gelar Gerakan Tambah Darah dan Isi Piringku

Terkait percepatan penurunan stunting, upaya yang dilakukan Pemkab Tanbu diantaranya membuat Perbup, Surat Edaran Bupati, dan lainnya.

Terkait kasus stunting di Kabupaten Tanah Bumbu mengalami penurunan rata-rata sebesar 20,15 persen/tahun dan prevalensi sebesar 2,05 persen/tahun.

Kemudian terjadi peningkatan jumlah balita yang ditimbang setiap tahunnya, dengan peningkatan rata-rata 15,82 persen/tahun.

BACA LAGI: Pemkab Tanbu Bersama Kemenag Jalin Kerjasama Tangani Pernikahan Dini

Adapun komitmen bersama penurunan angka stunting yaitu mengkampanyekan upaya-upaya pencegahan dan penanganan stunting melalui media massa serta advokasi secara berkelanjutan.

Konvergensi, koordinasi, dan konsolidasi serta memperkuat cakupan program dan kegiatan. Memperbaiki kualitas layanan disetiap kegiatan intervensi yang dilaksanakan oleh masing-masing pihak.

Memaksimalkan pemanfaatan anggaran dimasing-masing pihak untuk mendukung pencegahan dan penanganan stunting. Melakukan pemantauan dan evakuasi terhadap pelaksanaan pencegahan dan penanganan stunting terintegrasi.(jejakrekam)

Penulis Muaz
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.