Lolos di Kompetisi Sains, Puluhan Pelajar Bisa Masuk ke MTsN dan MAN Tanpa Tes

0

PULUHAN siswa/siswi tingkat SD/MI dan SMP/MTs yang telah berhasil lolos dalam kompetisi sains yang digelar beberapa waktu lalu oleh  Ganesha Operation (GO) bersama MTsN 2 Banjarmasin, bakal memperoleh prioritas utama untuk bisa masuk ke jenjang sekolah lanjutannya tanpa melalui seleksi umum.

HAL itu disampaikan Kepala MTsN 2 Banjarmasin, M Riduansyah M Pd, disela kegiatan penyerahan hadiah kepada puluhan siswa/siswi yang masuk 10 besar dan meraih juara dari hasil Kompetisi Sain Tingkat SD/MI dan SMP/MTs se Kalimantan Selatan   (Kalsel), di Aula MTsN 2 Banjarmasin,  Jumat (27/5/2021).

Ia merasa bersyukur karena kompetisi sains secara online yang digelar untuk pertama kalinya ini bisa berjalan sukses, meski masih ada kekurangan namun kedepan akan lebih sempurna. Dari itu, pihak sekolah juga akan menandatangi MoU atau nota kerjasama lanjutan dengan harapan pada pelaksanaan serupa pada Februari Tahun 2022.

Kepada para siswa/siswa beserta para orang tua yang hadir M Riduansyah, menghimbau agar informasi kegiatan serupa seperti kali ini agar disampaikan kepada para adik-adiknya masing-masing agar tahun depan bisa turut serta.

Terkait kualitas kompetisi yang diikuti oleh 124 lebih peserta itu, mantan Kepala MAN 2 Model Banjarmasin ini menyatakan sangat fair dan independen. Sebab, semua yang melaksanakan kegiatan, dari membuat soal, pengujian, pe-rankingan adalah pihak GO. Sedang pihak sekolah hanya menfasilitasi sistem.

“Jadi saya yakin yang berani ikut dalam kompetisi ini pasti siswa/siswi yang berkemampuan,” kata dia.

M Riduansyah menambahkan bahwa selanjutnya pihaknya juga akan melakukan MoU bersama MAN 1, MAN 2, MAN 3, sebagai tindaklanjut dalam menfasilitasi siswa/siswi yang sudah meraih prestasi kali ini untuk masuk kesekolah yang diinginkan, dengan syarat mereka harus mendaftar diri yang tersedia secara online.

Kepala Cabang GO Operation Cabang Banjarmasin, Sumadi ST, menambahkan, bahwa kompetisi sain yang dilaksanakan untuk mempermudah siswa/siswi agar bisa masuk sekolah ketingkat lanjutan / tanpa harus ikut seleksi dan test secara umum.

Adapun soal dan materi dalam kompetisi yaitu matematika dan IPA, dengan level yang lebih tinggi hingga ketingkat provinsi dan nasional. Begitu pula paket soal yang sudah disiapkan serta tim penguji yang diambil dari pusat dengan sistem pelaksanaan menggunakan google com karena tak bisa secara tatap muka. “Jadi sistem pengolahannya,  mendaftar, menggunakan google.com dan langsung di hitung hasilnya,” jelas Sumadi.

Mereka yang meraih jalur prestasi dengan no urut peringkat 1. M Maulana Naufal (SDN 7 Sungai Mia ). 2. Zayeda Alya (SDN Sungai Mia 7). 3. Ruwaida (SD Antasan Besar 7). 4. Aisya Almira Nurfajri (SDN Sungai Mia 7). 5.Syamil Alfatih (SD Islam Terpadu Ukhuwah) dan lainya.

No urut peringakat 1. Isnaini Raihanun Widiani (SMPN 1 Bjm). 2. M Dafa Anugrah (MTsN 2 Bjm). 3. Rahmi Nabila (MTsN 2 Bjm). 4. Nashwa Widiasari (MTsN 2). 5 Nur Zahrah Mahbubah (MTsN 2 Bjm), dan lainya.

Sebelumnya, kegiatan yang tetap mengacu pada protokol kesehatan pagi itu, selain penyerahan hadiah dan sovenir, pihak Kepala Cabang GO Banjarmasin, Sumadi bersama Kepala MTsN 02 Banjarmasin, M Riduansyah M Pd, menandatangi MoU untuk kerjasama ke depan.(jejakrekam)

Penulis Ipik G
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.