Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Kawasan di Banjarmasin Calap Lagi

0

SEJUMLAH kawasan di Kota Banjarmasin kembali calap usai diguyur hujan deras, pada Sabtu (29/5/2021). Jika tidak ditangani dengan baik, warga khawatir fenomena ini berujung pada banjir besar seperti yang terjadi awal tahun 2021 tadi.

PANTAUAN jejakrekam.com, Sabtu (29/5/2021) siang, misalnya, air mulai merembes di wilayah Jalan Simpang Anem, Kuin Selatan Kecamatan Banjarmasin Barat serta di pemukiman Kompleks Batu Benawa 3, Teluk Dalam, Banjarmasin Tengah.

Ketinggian air pun rata-rata mencapai mata kaki orang dewasa.

Informasi yang didapati media ini dari warga setempat, kondisi ini baru terjadi hari ini. Tepatnya sejak pagi menjelang siang tadi.

“Baru hari ini sekitar jam 2 siang tadi puncaknya,” kata Ummu Hani.

BACA JUGA: Pemprov Kalsel Siaga 1 Banjir, Tak Ingin Panik Pemkot Banjarmasin Minta Warga Tetap Waspada

Warga di Jalan Simpang Anem tersebut mengakui bahwa pemukiman tempatnya tinggal memang menjadi langganan banjir. Apabila terjadi hujan cukup deras.

Terlebih, menurutnya di kawasan tersebut cukup berdekatan dengan Sungai Kuin. Sehingga ketinggian air tergantung dari debit sungai.

“Tapi alhamdulillah serapan airnya cepat, jadi calap nya juga cepat surut,” ungkapnya.

Hani pun tak menampik kekhawatirannya, akan banjir dengan ketinggian maksimal seperti yang terjadi pada awal tahun tadi.

Sementara itu, media mencoba menghubungi Kepala Bidang Sungai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Banjarmasin, Hizbul Wathony untuk diminta keterangan.

Sayangnya, hingga kini belum ada tanggapan dari yang bersangkutan.

BACA JUGA: Banjir Terus Mengintai, Pengamat Minta Pemkot Banjarmasin Siapkan Kebijakan Mikro dan Makro

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin, Doyo Pudjadi, mengaku sudah melakukan berbagai antisipasi terkait ancaman banjir susulan.

“Kita sudah mengerahkan pasukan turbo untuk melakukan pengerukan sungai-sungai, dan ini tujuannya adalah agar sungai pun bisa menampung debit air lebih besar,” ujarnya.

Senada, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarmasin, Edy Wibowo juga mengaku telah melakukan berbagai persiapan akan ancaman banjir.

“Seperti biasa, kita melakukan pemantauan, memetakan daerah rawan banjir. Mengingatkan ke masyarakat agar tetap waspada,” ujarnya. (jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.