Tingkatkan Nilai IDI Kalsel, DPRD Harapkan Kerjasama Antara Eksekutif dan Legislatif

0

INDEKS Demokrasi Indonesia (IDI) adalah indikator komposit yang menunjukkan tingkat perkembangan demokrasi di Indonesia. IDI di Kalimantan Selatan tahun 2019 mencapai 79,47 dalam skala indeks 0 sampai 100.

ANGKA ini mengalami penurunan dibandingkan dengan IDI 2018 yang capaiannya sebesar 79,92. Kondisi ini menunjukkan bahwa tingkat demokrasi di Kalimantan Selatan masih berada pada kategori “sedang” dari 3 kategori baik, sedang, dan buruk. Oleh sebab itu Komisi I DPRD Kalsel laksanakan komparasi ke Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Provinsi kalimantan Tengah IDInya mengalami peningkat sebesar 9.89 point.  

Kelemahan di Kalimantan Selatan kaitannya itu dikarenakan kurangnya partisipasi politik dalam pengawasan. Hal ini diungkapkan Ketua Komisi I DPRD Kalsel Dra. Hj. Rachmah Norlias.

Saat ditemui diakhir kegiatan Rachmah Norlias mengungkapkan variabel yang mengalami penurunan diantaranya Kebebasan Berkumpul Berserikat, Peran Partai Politik, dan Pemilu yang Bebas dan Adil di mana penurunannya masing sebesar 76,56 poin, 38,57 poin, dan 17,69 poin.

“Untuk mengatasi itu, hal-hal kekurangan akan kita bagikan rekomendasi ke pihak eksekutif agar bisa meningkatkan IDI Kalsel ini sama – sama. Jadi tidak hanya DPRD, karena ini kerja bersama antara eksekutif dan legislative,” jelasnya. 

Selain itu beliau juga berharap angka-angka indikator yang masih berada di bawah 79 bisa meningkat menjadi 100, kategori “baik”.

Sementara itu Suripno Sumas, Sekretaris Komisi I menambahkan, peranan DPRD sangat penting untuk menjadi salah satu penunjang peningkat peringkat IDI Kalsel.

“Salah satu indikator dalam meningkatkan peringkat IDI Kalsel adalah dokumentasi yang lengkap,” jelasnya Sedangkan Kepala kesbangpol Kalimantan Tengah Agus Pramono  mengatakan Kalteng dalam 1 tahun bisa naik sepuluh point yang semula urutan 15 sekarang urutan 5. “Banyak hal yang telah dilakukan, salah satunya kita selalu melakukan evaluasi untuk peningkatan IDI di Kalimantan Tengah,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Humas DPRD Kalsel
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.